Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

H. Maslin Batubara : Marsada Hata, Mora Kahanggi Anak Boru Simbol Kekuatan Dalihan Natolu


					H. Maslin Batubara : Marsada Hata, Mora Kahanggi Anak Boru Simbol Kekuatan Dalihan Natolu Perbesar

Madinapos. com – Panyabungan.

Haji Maslin Batubara, tokoh masyarakat dan pengusaha dari Mandailing Natal pulang kampung dan sekaligus menggelar acara silaturahmi dengan raja-raja Mandailing di Sopo Godang Huta Siantar Minggu (17/2). Kita warga Mandailing tidak terlepas dari suatu ikatan kelompok yang hidup saling berdampingan yaitu mora kahanggi anak boru sebagai simbol kekuatan yang tidak terpisahkan dari dalihan natolu.

Hal tersebut disampaikannya dihadapan raja Panusunan, Turunan ni anak raja raja Mandailing Godang, Mandailing julu, raja raja Torbing Balok tanah ulu dan pesisir dohot anak boruna,  yang juga turut dihadiri Bupati Mandailing Natal Drs.  Dahlan Hasan Nasution dan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution beserta Wakil Walikota Arwin Siregar.

Acara silaturahmi Raja Mandailing tersebut dirangkai dengan musyawarah adat Mandailing dan dialog dengan tokoh masyarakat untuk membahas agenda kemasyarakatan. dari pantauan Jurnalis MP terlihat para tokoh adat,  tokoh masyarakat saling berdiskusi dan melemparkan pendapat silih berganti,  namun tetap dalam jalinan kekerabatan yang digambarkan saat Manortor bersama.

Haji Maslin Batubara kembali mengatakan sangat mendukung langkah yang dilakukan Bobby Nasution untuk Moranya (Mertuanya) karena adat mengajarkan kita untuk menghormati Mora. ” yaitu tadi,  mora kahanggi dan anak boru dalam dalihan natolu adalah hubungan yang sangat erat tidak terpisahkan dan menjadi kekuatan kekerabatan dalam masyarakat Mandailing”, sebutnya.

Sementara itu Hasanul Arifin Nasution Gelar Patuan Mandailing menambahkan dalam acara ini kita hanya menunjukkan rasa bangga terhadap Bobby Nasution, ” karena kita satu marga dengan dia, karenanya sebangai wujud rasa satu marga dengan bobby kita harus mendukung penuh langkah-langkah bobby untuk (moranya) mertuanya, karena adat memang mengajarkan kita hormat terhadap mora”, tuturnya.(Syahren)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 221 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Insfratruktur Jalan di Panyabungan Timur Dibangun, Masyarakat Ucapkan Terimakasih

23 September 2022 - 17:50

Kapolres Madina Resmikan Polsubsektor Panyabungan Timur

23 September 2022 - 14:59

Trending di Berita Daerah