Bisnis dan Ekonomi

Tertarik Penganan Alame, Kapolres Madina Turut Mangalame Dodol Mandailing

Madinapos.com – Siabu.

Saat mengunjungi Desa Hutapuli Kecamatan Siabu Senin (12/11) lalu,  Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji SIK. MH tertarik dengan beberapa warga yang sedang mengaduk Alame (Mangalame) sejenis penganan Dodol Mandailing atau Alame Mandailing dan tanpa rasa sungkan beliau mendekati,  berdiskusi dan bahkan mencoba untuk ikut mengayuhkan sendok panjang khas untuk mangalame.

Alame,  penganan ringan khas Mandailing Natal sejenis dodol dan memiliki sebutan beragam,  ada yang menyebutnya Dodol Mandailing, atau Alame Panyabungan. Terbuat dari Tepung beras ketan (beras pulut), Sedikit tepung terigu, Gula Merah (Gula Aren), Santan Kelapa Tua dan pewangi makanan. Setelahnya diaduk tanpa henti selama 6 hingga 9 jam dibara api sedang barulah penganan ini mengental dan matang,  setelah itu dituangkan dalam kantongan terbuat dari bahan tikar (amak) yang disebut sumpit dengan ukuran bervariasi dan barulah proses pendinginan dimulai. Uniknya penganan alame Panyabungan ini semakin lama disimpan semakin enak dimakan.

Mismawati,  ibu berusia empat puluh tahun ini menuturkan usaha dodol atau alamenya ini sudah ditekuni sejak empat tahun yang lalu, proses pembuatan dodol ini memakan waktu selama sembilan jam” Bahan baku yang kita pakai berupa beras pulut gula merah kelapa dan bumbu lainnya dan kita tidak memakai gas elpiji kita memakai kayu bakar karena lebih mudah serta menghasil aroma yang wangi”, ungkapnya kepada Madina Pos Senin (12/11) lalu.

“Tiap hari kita memasak 6 kg, dari itu kita bisa mendapatkan 120 bungkus atau setara6 kg dengan harga 10.000/bungkus. untuk pemasaran sendiri permintaan ada dari Kota padangsidimpuan, Sibolga, Pekanbaru dan Medan serta ke Jakarta”, ungkapnya.

Beberapa wartawan media yang mengambil moment saat Kapolres Mandailing Natal mencoba menggunakan sendok panjang pengayuh masakan alame ini tertawa dan sambil menunjukkan tanda jempol kepada beliau. (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts