Menu

Mode Gelap

Desa Kita

Pelatihan Adat Markobar,  Mencari Penerus Hatobangon Desa Pasar Baru Malintang


					Pelatihan Adat Markobar,  Mencari Penerus Hatobangon Desa Pasar Baru Malintang Perbesar

Madina Pos, Bukit Malintang

Kegiatan Pelatihan Adat Markobar di Desa Pasar Baru Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal,  Provinsi Sumatera Utara adalah bertujuan untuk mencari penerus Hatobangon yang biasa memberikan penyampaian kata nasehat dalam setiap acara adat atau acara besar lainnya di desa.

Demikian disampaikan Bahri Efendi selaku Kepala Desa Pasar Baru Malintang saat kegiatan pelatihan markobar diadakan setelah selesai ibadah shalat Isya bertempat di masjid Jami’Assyafaa, Selasa (18/09) malam.

“Kegiatan pelatihan adat markobar ini kita buat tujuannya agar nanti ada masyarakat Desa Pasar Baru Malintang jadi penerus atau pengganti hatobangon yang biasa markobar di Desa ini. adapun sebagai Guru pelatihan adat markobar bernama Asmil dari Desa Malintang. Sedangkan Dana Kegiatan Pelatihan Adat Markobar ini bersumber dari Dana Desa (DD)  TA 2018”, ungkap Bahri (Kiang).

Selanjutnya Muksin, peserta pelatihan mengatakan ucapan rasa terima kasih kepada pemerintahan Desa Pasar Baru Malintang yang telah membuat kegiatan pelatihan adat markobar,” dengan adanya pelatihan ini sedikit banyaknya kita sudah mengetahui hata – hata ni namarkobar”, kata Muksin.

Hasil pantauan Wartawan Madina Pos, Peserta Yang mengikuti pelatihan adat markobar adalah dari kaum laki laki warga Desa Pasar baru Malintang, pada setiap malam Rabu selalu di umumkan dengan pengeras suara masjid Jami’Assyafaa bahwa akan di laksanakan pelatihan adat markobar yang di umumkan oleh Pemerintahan Desa. (Anwar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 111 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kades Sido Makmur Lantik Pengurus TP-PKK Desa Periode 2024 – 2029

20 Februari 2024 - 15:09

Hadiri Pelantikan TP-PKK Desa Suka Damai, Camat Sinunukan Minta Kerjasama Pemdes

10 Januari 2024 - 18:10

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus TP-PKK Desa Widodaren Berjalan Sukses

8 Januari 2024 - 22:01

Sukses Pilkades 2023, Warga Sinunukan II Gelar Tasyakuran

7 Januari 2024 - 13:08

Warga Desa Muara Pertemuan Antusias Hadiri Musdes 2024

5 Januari 2024 - 18:25

Jamal Irsyad Buka Musdes RPJMDes, RKPDes dan Musrenbang Desa Kubangan Pandan Sari

29 Desember 2023 - 21:08

Trending di Desa Kita