Berita Daerah

Pemkab Tapsel Gelar Workshop Penyusunan SAKIP

Madinapos. com – Sipirok.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah melaksanakan Workshop Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2018 yang bertempat Aula Sarasi Dua Lantai 3 Kompleks Perkantoran Pemerintahan Bupati Tapanuli Selatan Jalan Prof. Lafran Pane Sipirok (17/9).

Kegiatan Worshop Penyusunan SAKIP di lingkungan pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan tersebut merupakan agenda pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam rangka menyatukan pemahaman tentang tata cara Penyusunan SAKIP di seluruh OPD lingkungan pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Inganan Dalimunthe Kepala Bagian  Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan saat menyampaikan Laporan Panitia Pelaksana mengatakan, Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari pada hari senin sampai dengan hari rabu, tanggal 17 sampai 19 September 2018, dimana peserta yang mengikuti acara tersebut merupakan Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan,  Kasubbag Keuangan serta Operator dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Tapsel.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Saulian Sabbih mengharapkan dengan adanya Workshop Penyusunan SAKIP tersebut seluruh peserta bisa paham dalam menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dengan benar dan tepat waktu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama seiring bersama meningkatnya tuntuan pemerintah terhadap peyelenggaraan pemerintahan yang baik, yang bersih dan berwiba telah mendorong pengembangan sistem pertangungjawaban yang jelas dan teratur dan efektif yang kemudian kita kenal dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)”, kata Saulian.

Saulian juga menyampaikan pada dasarnya penerapan sistem tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan agar berdaya guna, berhasil guna, bertanggungjawab, bebas dari praktek KKN, “sehingga dapat membentuk aparatur yang berkualitas dalam menerapkan SAKIP, sehingga terbentuklah persamaan persefsi dan keseragaman dalam implementasi SAKIP ,”pungkasnya.

Dalam sambutannya Saulian juga menargetkan penilaian LAKIP Pemkab Tapsel di Tahun 2019 harus bisa mendapat nilai ‘B’,”harapnya.

Acara Workshop Penyusunan SAKIP tersebut diisi tiga orang Narasumber dari Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yaitu Alisman Marbun S.Sos M.Si Kabag Akuntabilitas dan Anjab Pemrovsu, Riza Imelda SH Kasubbag Pengukuran Kinerja dan Bina Budaya,  serta Dewi Supriaty Lubis SH Kasubbag Perencanaan dan Penilaian Kinerja Biro Organisasi Pemprovsu.(Mahrizal)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts