Berita Daerah

KNPI Madina Dukung SM Amin Nasution Pahlawan Nasional

Madinapos. com – Madina.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Madina menyatakan mendukung penuh pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada SM Amin Nasution, seorang tokoh penting Jong Sumateranen Bond dalam pergerakan kongres Pemuda Indonesia II yang menjadi cikal bakal Sumpah Pemuda dan beliau Gubernur Sumatera Utara yang pertama pada 18 Juli 1948 hingga 1 Desember 1948.

Hal tersebut disampaikan Tan Gozali Nasution Ketua KNPI Madina di Panyabungan menanggapi usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada SM Amin Nasution, Sabtu (31/8/2018).

SM Amin Nasution adalah kelahiran Aceh pada 22 Februari 1904 silam, Ayahnya Muhammad Taif, adalah Kepala Sekolah Dasar (Melayu) pada masa kekuasaan Hindia Belanda dan SM Amin Nasution lahir dari pernikahan Muhamad Taif dengan Siti Madinah, wanita yang berasal dari Batang Natal, Mandailing Natal.

“Beliau adalah keluarga besar Tanah Mandailing Natal yang seharus semula menyandang gelar Mangaraja Gunung Baringin pemberian gelar dari orang tuanya”, kata Tan Gozali mengurai sejarah yang di searchingnya dari google.

“Untuk itu kami keluarga besar KNPI Madina berbesar hati dan sangat mengapresiasi jika pemerintah menganugerahkan pemberian gelar pahlawan nasional kepada SM Amin Nasution dan kami juga sangat berharap pemerintah daerah menjemput kembali kekerabatan keluarga besar beliau ditanah Mandailing Natal”, ujar Tan Gozali. (R.13)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts