Berita Daerah

Panyabungan Menuju Pemerintah Kota

Madinapos.com. Laman fb Win Hasibuan memuat tentang acara diskusi ringan yang diberi nama NGOPI atau Ngobrol Politik. Acara yang dikemas sedemikian rupa dan dihadiri  tokoh pemuda, pers, tokoh masyarakat dan tokoh politik tersebut ternyata juga disiarkan secara langsung oleh Start FM Panyabungan mengambil tempat di On Cafe Star FM Kelurahan Kota Siantar pada Saptu (17/2/2018) kemarin.

Beberapa Netizen termasuk media ini tertarik dengan isi tulisan tersebut, setidaknya minta izin untuk share dan izin itupun diberikan. tulisan itu …” Panyabungan Menuju Pemerintah Kota (pemko)” 

Diuraikannya, belakangan ini muncul wacana Panyabungan Menuju Pemerintah Kota. Sebagai warga Panyabungan tentu sangat mendukung apabila wacana itu menjadi kenyataan. Ada beberapa alasan yang menguatkan untuk mendukung wacana tersebut, antara lain:

1. Adanya Keinginan

Keinginan itu sebenarnya sudah ada sejak dari dulu, dibuktikan pada saat pemekaran Kecamatan Panyabungan Induk menjadi Panyabungan Timur, Panyabungan Barat, Panyabungan Utara, Panyabungan Selatan dan Panyabungan Kota.

Kecamatan Panyabungan yang sekarang ini dulu pada mula awal dimekarkan disebut Panyabungan Kota. Hal ini tertulis dalam administrasi resmi di instansi pemerintah daerah pada masa itu. Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah sebenarnya sudah punya keinginan menjadikan penyabungan ini sebagai sebuah kota, juga dikaitkan dngan perubaham nama Desa Huta Siantar menjadi Kotasiantar.

2. Mempercepat Pembangunan.

Andaikan Panyabungan berubah menjadi Pemerintah Kota, tentunya harus ada pengganti Panyabungan sebagai Ibu Kota Kabupaten Mandailing Natal. Misalkan ibukota Kabupaten Mandailing Natal digeser ke Mandailing Julu, sudah pasti akan mempercepat pembangunan di daerah Mandailing Julu.

Begitu juga dengan Pemerintah Kota Panyabungan yang dipimpin oleh seorang Walikota, tentunya juga mempunyai potensi yang sangat besar untuk mempercepat pembangunan di wilayah Panyabungan. Bila ditinjau dari segi anggaran, juga sudah punya anggaran masing2 nantinya.

3. Mendekatkan Pelayanan Pemerintah kepada masyarakat.

Bila Panyabungan menjadi Pemerintah Kota, tentu akan diikuti oleh penggabungan Desa atau Kelurahan menjadi Kecamatan baru. hal ini akan mendekatkan pelayanan setingkat Kecamatan ditengah 2 masyarakat.Yang dulunya urusan2 pada tingkat Kecamatan terasa cukup jauh, pada akhirnya akan terasa semakin dekat.

Jadi menurut hemat kami (red.penulis) wacana ” Panyabungan menjadi Pemerintah Kota” adalah mimpi yamg harus menjadi kenyataan. Bahkan berharap Panyabungan menjadi Pemerintah Kota harus lebih dahulu terwujud daripada Provinsi Sumatera Tenggara.

“Sebab bilamana Panyabungan menjadi Pemerintah Kota terwujud terlebih dahulu, akan lebih mempunyai peluang untuk menjadi Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara. Bayangkan Panyabungan yang dahulumya hanya ibukota Kecamatan bisa menjadi ibukota provinsi. Semua berawal dari mimpi” ungkap win hasibuan dalam status fb nya. wallahualam..(alqaf//win hasibuan/dok win)

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts