Wisata

Danau Siombun Mandailing Natal, Sumatera Utara

Madinapos.com. Danau kecil dengan kualitas air yang sangat jernih ini terletak lebih kurang 500 meter dari pinggiran jalan besar Lintas Sumatera ( Dalan Lidang) Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Mudah diakses dengan berjalan kaki atau langsung berkenderaan kepinggiran danau. Jarak tempuh dari Pasar Panyabungan hanya lebih kurang lima belas menit dengan sepeda motor atau mobil pribadi, juga ada kenderaan umum yang melalui jalur ini atau bisa juga dari pasar Panyabungan diantar dengan kenderaan becak mesin (becak motor).

Karena letaknya dipinggiran kampung, sebagian besar masyarakat sekitar telah lama memanfaatkan air danau ini sebagai tempat mandi dan bahkan kebutuhan air minum setempat yang dikelola oleh pemerintah daerah bersumber dari air danau ini.

Dari namanya bisa ditebak, Danau Siombun merupakan danau kualitas air jernih dan sejuk bagaikan air embun dan takala pagi hari kerab diselimuti embun pagi menutupi permukaan air danau.

Air Danau Siombun ini juga mengalir kesebuah kolam besar dan selanjutnya membentuk sebuah saluran air yang terus menuju kepersawahan warga, dulunya kwalitas ikan yang ditemukan pada aliran anak sungai yang berasal dari danau siombun ini menjadi incaran karena ikannya sangat enak, manis dan tidak berbau.

Semoga kita terus menjaga kwalitas air Danau Siombun.(rekdaksi)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts