Berita Daerah

PTPN IV Kebun Sosa Torehkan Kinerja Terbaik Tahun 2021

Madinapos- Padang Lawas : Sekitar kurang lebih 2 tahun PTP Nusantara 4 Kebun Sosa dibawah kepemimpinan, Mulianto, SP. Seorang Manager dengan dedikasi tinggi untuk membawa perubahan menjadi yang terbaik di seluruh PTP N 4 di Sumatara Utara.

Dengan melibatkan semua unsur yang ada, usaha untuk menjadi yang terbaik akhirnya tercapai juga.

Saat ini hasil dari kebun Sosa baik setiap bulannya sudah melebihi target dari Rencana Kerja Anggaran Perusahaan ( RKAP ) pertahunnya sesuai dengan yang di targetkan oleh perusahaan.

Bahkan dari data yang di peroleh hingga bulan September, hasil tandan buah segar ( TBS) yang diperoleh perusahaan sudah melebihi hingga 0,92 %.

Hal ini disampaikan oleh Manager PTP N 4 Kebun Sosa , Mulianto, SP diruang kerjanya, Sabtu ( 16/10/2021).

Lebih lanjut Mulianto, SP menjalaskan bahwa hingga bulan September 2021 TBS yang sudah terealisasi 18,48 ton perhektarnya.

“Dari luas areal Perkebunan sekitar 5651 hektar tanaman yang telah menghasilkan TBS sampai bulan September 2021 sudah melibihi target dari RKAP sebesar 0.92 %,” jelas Mulianto, SP

Bila dilihat hasil dari kebun di tahun lalu, ujar Mulianto, SP lagi bahwa sampai dengan bulan september mengalami kenaikan protas sebesar 1 % dibandingkan dengan sebelumnya.

PKS Sosa Meraih Rendenen Terbaik di tahun 2021

Saat ini capaian rendemen CPO yang dihasilkan oleh PKS Sosa merupakan yang tertinggi di seluruh jajaran PKS PTPN 4.

” Untuk tahun ini pencapain rendemen yang di peroleh sudah melebihi RKAP hingga mencapai 4 %.” jelas Mulianto, SP lagi.

Sedangkan bila mengaca diawal dirinya datang memimpin di PTP N 4 Kebun Sosa, hasil dari rendemen CPO PKS sangatlah terpuruk dengan rata rata 22,74 %.

Namun saat ini rendemen CPO PKS Kebun Sosa mencapai rata rata 24,95 % sampai dengan bulan september 2021.

Sehingga Kebun Sosa mendapat Penghargaan sebagai kebun dan PKS dengan bendera sinergi terbaik.

“Rendemen CPO yang dihasilkan oleh PKS PTP N 4 Kebun Sosa perupakan yang terbaik dari 16 PKS yang ada di bawah naungan PTP Nusantara 4.” ucap Mulyanto lagi

Dan prestasi ini merupakan pencapaian tertinggi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Bila dilihat dari harga pokok produksi, saat ini sangat jauh dibawah RKAP dengan angka 15,8% . Ini menandakan bahwa kenerja keuangan perusahaan Kebun Sosa dinilai sangat baik sekali.

Bahkan, menurut Mulianto, SP lagi bahwa untuk kinerja pembelian buah pihak ketiga sampai dengan bulan september sudah melampaui RKAP setahun. Optimis tahun ini bisa 150% diatas RKAP.

Namun demikian, kata Mulianto, SP lagi bahwa prestasi yang telah diraih selama kurang lebih 2 tahun tidak terlepas dari dukungan semua pihak stake holder yang ada.

Baik dari karyawan yang berada di lapangan juga seluruh staff dan pegawai yang berada di perkebunan dan PKS. Masyarakat sekitar dan lainnya. Sebab semua ini tidak mungkin dapat di kerjakan oleh dirinya.

“Pencapaian prestasi ini di dukung dengan cukupnya perawatan, pemupukan sesuai dengan barchat. dan semuanya sudah terjadwal.” ucap Mulianto, SP lagi.

Dan secara akal, prestasi ini tidak mungkin di raih oleh PTP N 4 kebun Sosa bila tidak bagus perawatan kebunnya ” ujar Mulyanto, SP.

Reporter :  A Salam srg.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts