Pendidikan

Lokakarya Perdana CGP Angkatan 4 Madina

Madinapos.com – Panyabungan.

Kegiatan Lokakarya Perdana Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dilaksanakan pada hari Senin (11/10) di Madina Sejahtera Hotel, Panyabungan.

Kegiatan dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal diwakili Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal Abdul Husin, S.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri Cabang Dinas Pendidikan wilayah Tapanuli Selatan.

Rudi Bakti Lubis, ST., MM selaku PPPPTK Penjas melaporkan bahwa CGP (Calon Guru Penggerak) wilayah Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 60 orang dan PP sebanyak 11 orang yang akan mendampingi CGP selama 9 Bulan serta dihadiri oleh 30 orang Kepala Sekolah. 1 orang PP tidak hadir dikarenakan kondisi kesehatannya.

Rudi Bakti Lubis yang merupakan perutusan P4TK Penjas BK menyebutkan juga bahwa kegiatan ini termasuk bagian dari program pendidikan yang menerapkan Konsep MERRDEKA BELAJAR sesuai yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Tekhnologi dan Perguruan Tinggi Nadiem Makarin, BA., M.B.A.

Sementara Kepala Bidang PTK Disdik Madina dalam sambutan sekaligus membuka Lokakarya Perdana menyampaikan, bahwa para guru-guru hebat Mandailing Natal yang tergabung dalam Program Pendidikan Guru Penggerak harus bisa memberikan kontribusi dalam mendidik dan mengajar yang berpusat pada murid.

Karena para Guru-guru CGP selama 9 bulan kedepan akan didampingi oleh Pengajar Praktik, dan mereka akan berkolaborasi menuju transformasi pendidikan yang bersesuaian dengna konsep pendidikan yang dikembangkan oleh Ki HAjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sun Tulodo Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani.

“Para CGP yang apabila setelah lulus dalam Program Pendidikan Guru Penggerak akan menjadi Guru Penggerak dan bisa mengusulkan diri sebagai Kepala Sekolah, oleh sebab itu CGP saat ini setelah 9 bulan kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin visioner dalam dunia Pendidikan”, ujarnya.

Juga dijelaskan Husin, Dalam Kegiatan Lokakarya Perdana ini, Pra CGP menghasilkan sebuah produk diantaranya: 1. Setiap CGP saling dukung dalam menjalani PPGP selama 9 Bulan; 2. Setiap Kepala Sekolah mendukung dan memberi support kepada para guru yang tergabung dalam CGP Angkatan 4. 3. Setiap CGP akan belajar dan mendedikasikan dirinya dengan memberikan pembelajaran yang berpusat pada murid;

4. Mewujudkan Transformasi sekolah; 5. PP dan CGP adalah mitra dalam mewujudkan transformasi pendidikan yang sama-sama diharapkan demi pendidikan yang berpusat pada murid; 6. Membentuk Komunitas Praktisi di Sekolah masing-masing. (Sakti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts