Berita Daerah

Madina Dapat Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020

Madinapos-Panyabungan: Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan kategori Pratama.Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Penghargaan ini telah diberikan kepada lembaga kementerian dan pemerintah daerah sejak tahun 2004.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) berarti suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian kesetaraan gender di daerah.Kategori penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah: tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan), tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan tingkat mentor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mandailing Natal, Ir. Donna Dameria, MM menyatakan acara pemberian penghargaan APE akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tanggal 13 Oktober 2021, langsung live streaming dari Jakarta.

“Penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya akan dilakukan secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tanggal 13 Oktober 2021, untuk itu Kepala Daerah yang menerima penghargaan tersebut diminta berphoto dengan memperlihatkan penghargaan yang diterimanya.” Ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mandailing Natal

“Piala dan Piagam Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, telah di serahkan kepada Bapak Bupati, sehingga testimoni yang diminta oleh pihak penyelenggara berupa video dan photo dapat diabadikan dan testimoni ini akan ditampilkan disaat Bapak Bupati menerima penghargaan secara vitrual di tanggal 13 Oktober 2021 ini.” Sambung Donna Dameria.

Sementara itu, Bupati Madina H.Muhammad Jafar Sukhairi Nasution, mengapresiasi penghargaan tersebut dan berkomitmen untuk terus mendukung penyetaraan gender di Kabupaten Madina.

“Alhamdulillah komitmen Pemerintah Kabupaten Madina menggerakkan pengarusutamaan gender mendapat apresiasi dari Kementerian PPPA,” Ujar Bupati Madina seusai sesi pemotretan dan pembuatan testimoni penerimaan penghargaan.

Sukhairi juga mengutarakan, dalam pelaksanaan program pembangunan, Pemerintah Madina senantiasa mewujudkan pengarusutamaan gender. Hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah harus meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak, menurunkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, menurunkan angka pekerja anak, serta mencegah perkawinan anak di bawah umur.

“Mari kita bekerja sama, berkreasi, berkolaborasi, bahu membahu mengemban amanat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” ucap Bupati Madina bersemangat sembari memperhatikan Piala dan Piagam Penghargaan APE tersebut.

Reporter : Suaib

loading...

Komentar Facebook

Related Posts