Berita Daerah

650 Mustahik Fisabililah Palas Terima Zakat Komsumtif Dari Baznas

Madinapos-Padang Lawas : Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) Kabupaten Padanglawas(Palas) salurkan zakat komsumtif kepada 650 orang mustahik fisabililah untuk malim kampung dan guru mengaji se Kabupaten Palas.

Secara simbolis zakat komsumtif kepada Mustahik fisabililah diserahkan Wakil Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.C.Ht.MM.M.Si didampingi Sekda, Arpan Nasution.S.Sos,Senin (20/9/2021)di Sekretariat Baznas Kabupaten Palas,Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

“Zakat komsumtif yang disalurkan merupakan zakat ASN Kabupaten Palas yang dikumpulkan oleh Baznas,” kata Wabup Zarnawi usai menyerahkan zakat komsumtif kepada mustahik.

Kata Wabup, zakat komsumtif yang disalurkan ini merupakan zakat dari 3200 ASN Pemkab Palas yang diperuntukan bagi mustahik fisabililah.

Wabup berharap,kedepan Baznas yang diberi amanah memgumpulkan zakat ASN dan masyarakat dapat terus berinovasi meningkatkan penyaluran zakat bagi masyarakat secara merata.

“Zakat yang disalurkan ini ,kalau dipersentasekan baru sekitar 10 persen yang terkumpul dan telah disalurkan kepada masyarakat,” sambung Zarnawi.

Ia berharap, penerima zakat komsumtif ini dapat mengunakannya dengan baik untuk keperluan yang bermanfaat ditengah situasi pandemi Covid -19 saat ini.

Dikesempatan itu,Wabup berpesan,kepada malim kampung dan guru mengaji lebih meningkatkan pengabdian yang bermanfaat dan berdaya guna untuk masyarakat dengan tujuan utama untuk surga Allah SWT.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Padanglawas(Palas) Drs.H.Abdul Haris didampingi Bagian Keuangan H.Muslihuddin Hasibuan S.Ag mengatakan, para penerima zakat ini terdiri dari golongan Lansia, fakir, miskin, fisabilillah, kaum duafa, mualaf, guru mengaji, malim kampung.

Dikatakan, zakat infaq sedekah (ZIS )yang terkumpul mulai priode Januari – September 2021 yang telah disalurkan dengan total keseluruhan berjumlah Rp 828.111.000,untuk program kemanusian,program dakwah advokasi,mukmin dan guru mengaji,program kesehatan,program pendidikan dan infaq bantuan masjid.

Kata Haris, penyaluran zakat ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Palas terhadap malim kampung dang guru mengaji.

“Peran malim kampung dan guru mengaji sangat vital membangun moral dan akhlak para pemuda sebagai generasi pembangunan dimasa depan,”ujarnya.

Selain itu,tambah Haris mengingat perkembangan kemajuan teknologi informasi dan perubahan sikap dan gaya hidup masyarakat yang cenderung mengikuti gaya medernisasi sehingga peran maling kampung sangat penting.

Ia berharap,malim kampung dan guru mengaji harus selalu semangat dan mengayomi,mengajarkan, mendidik, membina, dan membimbing para generasi muda agar menjadi baik (sholeh dan sholeha) dan berakhlak mulia.

“Pemberdayaan zakat dapat dilakukan apabila kesadaran untuk membayar zakat sudah tinggi di kalangan umat islam sehingga dapat dikelola dengan baik yang bermanfaat mendorong pertumbuhan ekonomi secara merata,” pungkasnya.

Reporter: A Salam srg.

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts