Peristiwa

Sungai Ulim di Sosopan Hantam Jembatan Sedang Dalam Pengerjaan

Madinapos- Sosopan : Derasnya arus sungai ulim, di Desa Ulim, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas membuat jembatan ulim terputus, kondisi ini di perparah bram jalan amblas nyaris tak bisa di lewati. Jum’at 17/09.

Kondisi ini terjadi akibat tingginya intensitas hujan di wilayah itu sehingga membuat sungai ulim membesar dan menghantam pondasi jembatan yang masih dalam proses pekerjaan sehingga ambruk, bahkan derasnya arus sungai juga membuat sebagian jalan menuju jembatan amblas.

Seperti diketahui, jembatan ini belum rampung di kerjakan, alokasi anggaran pembangunan jembatan ini bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara.

Putusnya akses jalan ini membuat Kecamatam Sosopan terisolir, Kecamatan ini memang menjadi langganan longsor setiap musim penghujan tiba karena kondisi jalan menuju Kecamatan tersebut didominasi perbukitan sehingga apabila hujan turun, membuat struktur tanah jadi labil dan mudah longsor.

Kepala Desa Hulim H.Hasibuan pada Madinapos Sabtu 18/09 mengatakan, jembatan yang dihantam sungai sampai roboh itu masih dalam tahap pengerjaan.

” kondisi ini harus segera ditangani, kalau tidak saya khawatir akses jalan akan putus total” Harap Kades.

Ditempat terpisah, Anggota DPRD Padang Lawas H.Lokot Nasution yang merupakan putra daerah Sosopan meminta agar pihak pengembang/ kontrktor segera berkordinasi dengan intansi terkait, selain itu Dinas Jalan dan Jembatan Provinsi juga harus segera mungkin melakukan tindakan agar jalan menuju Kecamatan Sosopan tidak putus.

” kalau jalan dan jembatan ini tidak segera dilakukan perbaikan, saya khawatir, air sungai akan terus menggerus jalan dan bisa bisa putus total, ini saja kendaraan tak bisa lewat lagi. ” papar H.Lokot Nasution dari Fraksi Golkar itu.

Pemerintah Kabupaten juga kata H.Lokot jangan tutup mata terhadap persoalan ini, dia berharap BPBD dan Dinas PU segera ambil langkah perbaikan dengan membuat bronjong agar jalan tidak sampai terputus.

Kepala UPT Bina Marga Gunungtua, Ir. H. Marlindo Harahap, saat dikonfirmasi lewat jaringan tlephon tidak berhasil

Reporter : A salam Srg

loading...

Komentar Facebook

Related Posts