Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu


					76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

76 Tahun Indonesia Merdeka, makna itu belum dirasakan seutuhnya bagi 700 jiwa atau 189 KK warga Desa Sopo Batu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jika hujan didapati jalanan tanah liat licin, terjal dan berlobang yang sulit untuk dilalui, dan jika malam didapati kampung kelam gelap gulita dengan lampu teplok minyak tanah untuk menerangi setiap sudut rumah pondok warga yang rata-rata didirikan diantara rerimbunan pohon rambung cukup sederhana.

Padahal, Desa Sopo Batu hanya berjarak kurang lebih 5 Km dari Pusat Kota Kabupaten yang sudah memisahkan diri 22 tahun dari induk Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk itu, sebagian warga cukup wajar menitipkan pesan melalui media ini bahwa makna kemerdekaan yang sesungguhnya masih jauh dirasakan bagi warga Desa Sopo Batu, karena akses pembangunan masih lamban menjangkau desa mereka.

Gozali, tokoh masyarakat Desa Sopo Batu kepada media ini Selasa (17/8) menuturkan makna kemerdekaan itu belum dirasakan seutuhnya,” kami merasakan seperti desa yang ditinggalkan atau dikucilkan dari meriahnya pembangunan, lihatlah jalan kami, lihatlah perkampungan kami dan lihatlah bagaimana kami terus berjuang menerangi desa ini agar anak-anak kami tidak merasa terasingkan dari kehidupan ini”, paparnya

“Minimallah dulu aliran listrik dari PLN dibangun, sehingga mampu menerangi dan mendukung berbagai aktivitas warga desa keseharian sehingga malam bukanlah penghalang bagi warga untuk beraktivitas”, ungkapnya.

Ia juga menuturkan, warga desa ini sangat berharap Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal mulai mengarahkan pembangunan infrastruktur jalan yang memadai agar hasil bumi dapat dikeluarkan dengan mudah dan meningkatkan nilai ekonomis,” infrastruktur jalan yang memadai juga merangsang orang untuk datang berwisata untuk menikmati keindahan alam desa, ini juga nilai tambah secara ekonomis”, sebutnya.

“Bagi kami, kemerdekaan itu merupakan cita-cita luhur seluruh rakyat Indonesia yang harus diisi dengan pembangunan merata, sehingga tidak ada yang merasa dikucilkan dari nikmatnya kemerdekaan ini, selamat HUT Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun, Merdeka …”, tutupnya mengakhir wawancara dengan media ini. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Forkompimcam Batahan Rakor Terkait Pengendalian Hewan Ternak

18 April 2024 - 10:02

Lawatan Ke USA, Wabup Madina Akan Kenalkan Kopi Mandailing Dan Gula Semut

18 April 2024 - 09:16

Pj. Walikota Pimpin Apel Pagi Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idul Fitri 1445 H

17 April 2024 - 19:48

Trending di Berita Daerah