Bisnis dan Ekonomi

Pekan Terakhir di Wilayah Kabupaten Palas, Harga TBS Petani Kelapa Sawit Turun

Madinapos.com – Palas.

Harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) pekan terakhir sampai hari ini Jumat (4/6/2021) terpantau mengalami penurunan di kisaran  harga Rp. 1.980 per kg dari yang sebelum dikisaran  Rp 2.040 ditingkat petani, atau terjadi penurunan sebesar Rp. 60 /kg.

Salah seorang petani sawit bernama Johan mengakui harga dipekan terakhir ini sedikit mengalami penurungan berkisar 60 rupiah dari minggu sebelumnya. Hal ini juga diakui Soleh, warga Kecamatan Barumun  juga mengatakan harga jual  kelapa sawit kembali turun di veron penampungan kecamatan dari yang sebelumya harga Rp 2070 per kg mengalami penurunan menjadi Rp 2030 per kg.

“Sebelumnya, harga jual buah kelapa sawit masih lumayan seharga Rp 2.070  perkilo untuk jenis buah besar  dan buah umum harganya Rp 2020  perkilonya,” terangnya.

Sementara petani kelapa sawit di daerah dilokasi Kecamatan Hutaraja Tinggi bernama Pandiangan juga mengatakan harga buah kelapa sawit kembali turun sebesar Rp 50-60 /kg. Menurut dia, turunnya  harga jual buah kelapa sawit saat ini berdampak kepada petani apalagi pada masa pandemi covid 19 saat ini yang sangat berpengaruh besar pada perekonomian akibat pembatasan aktivitas, ditambah biaya perawatan dan pemupukan kebun yang harus terus diperhatikan.

Hal senada juga disampaikan Deden Putra Sunda, salah satu warga desa Ujung Batu IV Kec. Huta Raja Tinggi Palas yang ditemui ditempat pengumpulan buah (TPH) dan Ia berharap kepada pemerintah serta Asosiasi Petani Sawit, bisa menstabilkan harga jual kelapa sawit kembali agar petani tidak terjepit dengan turunnya harga pekan  terkhir ini,  kita juga sangat berharap ada perhatian pemerintah kepada para petani kelapa sawit sawit agar mendapat dana bantuan kepada petani kelapa sawit seperti pada pelaku usaha lainnya.

Sementara itu Ade Rahman salah satu veron penampung buah kelapa sawit dari petani Sawit Makmur juga mengakui penurunan ini,” ya … sedikit penurunan harga sudah berlangsung sepekan terakhir  ini dengan  harga jual TBS sebesar Rp 40 /kg, sebelumnya, untuk jenis buah besar masih dihargai Rp 2.070  perkilo dan buah sawit kecil di harga Rp 1.980 perkilo”, terangnya.

Ade Rahman juga menambahkan untuk harga beli ditingkat petani saat ini harganya Rp. 1970 – 1980 masih dikurangi dengan biaya angkutan Rp. 200 hingga Rp. 250 perkilonya tergantung jarak tempuh lokasi kebun sawit yang menjual atau lokasi buah dijemput. Ia juga menyebutkan untuk saat  ini jumlah pasokan TBS kelapa sawit yang masuk kelokasi veron mengalami sedikit kurang dari biasanya karena saat ini sedang musim trek buah sawit, sehingga pasokan yang masuk hanya 290 ton perhari dari sebelumnya mencapai 450 ton.

Lanjut Ade, sedangkan harga jual TBS kelapa sawit di pabrik saat ini harganya Rp 2.140 /kg selama sepekan belakangan ini, padahal ebelumnya harga jual buah kelapa sawit ke pabrik masih mencapai harga Rp 2.180 /kg, tetapi mulai per tanggal 3 Juni 2021 mengalami penurunan menjadi Rp 2.140 /kg,”menurunkan harga buah kelapa sawit ini berdampak terhadap pendapatan petani menjadi berkurang dari sebelumnya,”ujarnya.

Sedangkan Misran pihak Pabrik PKS Sinar Halomoan Kecamatan Sosa Julu mengatakan untuk harga beli papan  buah kelapa sawit untuk jenis buah super (BSU) Rp 2145 per kg, jenis buah besar(BB) Rp 2135 per kg dan buah sedang (BS) Rp 2115 per kg. Harga TBS untuk dua  hari ini belakangan ini terjadi penurunan yang sebelumnya Rp  2.185 perkilo berubah menjadi  harganya Rp 2.145 perkilo, “ujarnya.

“Selama dua hari belaiangan ini telah terjadi penurunan harga TBS dari Rp 2.185 menurun menjadi Rp 2.145 terjadi penurunan sebesar Rp 40 perkilo,” ungkapnya. (A.Salam Siregar)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts