Berita Daerah

Dinas Perdagangan Kota Padangsidimpuan Monitoring Pengawasan Bahan Berbahaya di Pasar Pajak Batu

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Psp) melalui Dinas Perdagangan, beserta Kader Aman Pangan lainnya melaksanakan Monitoring Pengawasan Bahan Berbahaya di seputaran Pasar Pajak Batu Kota Padangsidimpuan, Rabu (31/3/2021).

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Padangsidimpuan, Ir. Ridoan Pasaribu,  M. Si melalui Kabid Perdagangan, Syaiful Awal Harahap, SE didampingi Kasi Pasar Pandapotan, S.Sos mengatakan, monitoring dan Pengawasan dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan pasar aman, nyaman dan bebas dari bahan berbahaya, juga sebagai upaya pengendalian terhadap penyalahgunaan bahan pangan yang mengadung boraks, formalin, metanik, rhodamin B dan zat pewarna serta bahan berbahaya lainnya.

“Monitoring dengan mengambil beberapa sampel dagangan pangan yg beredar di pasar berupa ragam mie basah/ kering, lontong, cincau hitam, ragam tahu, ayam potong, Ikan segar, ikan asin, ragam kerupuk berwarna, kolang kaling, ragam kue basah/ kering dan lainnya.

Selanjutnya dagangan pangan ini di uji dengan alat Test Kit (alat uji standart POM) dan hasil uji terhadap beberapa sampel yang telah dilakukan Tidak ditemukan dagangan/ bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya sehingga masih aman untuk dikonsumsi,” ucapnya.

Dikatakannya lagi,  monitoring ini akan terus dilakukan secara bertahap dibeberapa pasar lainnya, guna mewujudkan pasar aman dan rasa nyaman terkait konsumsi bahan pangan yang sehat untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan.

Pelaksanaan Monitoring Pengawasan Bahan Berbahaya ini didampingi oleh Personil dari Bagian Perekonomian Sekretaris Daerah Kota ( Sekdakot), Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Satpol PP Kota Padangsidimpuan. (*/Andy Hsb)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts