Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Walikota Padangsidimpuan Panen Bawang Merah di Desa Mompang Angkola Julu


					Walikota Padangsidimpuan Panen Bawang Merah di Desa Mompang Angkola Julu Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan (Psp) dengan menggalakkan petani untuk menanam bawang merah mulai menunjukkan hasil dengan mulai terpenuhinya 50 persen kebutuhan lokal. Hal tersebut ditandai dengan panen bawang merah oleh Walikota Psp Irsan Efendi Nasution, milik Kelompok Tani (Poktan) Simangornop, Desa Mompang, Kecamatan Angkola Julu,

Kegiatan ini merupakan kali kesekian yang diikuti langsung oleh Walikota Irsan Efendi Nasution, Kamis (18/3/2021).

Dalam pelaksanaannya, Walikota Irsan mengaku bahagia atas kesungguhan poktan setempat dalam mengembangkan tanaman bawang merah di Kota Padangsidimpuan. Hal ini, menurut dia, sejalan dengan keinginan pemkot untuk mewujudkan daerah ini sebagai sentra bawang merah.

“Melihat tren peningkatan hasil panen bawang merah di Kota Padangsidimpuan dalam 2-3 tahun ke belakang ini, kita optimis daerah kita mampu menjadi sentra bawang merah, setidaknya di wilayah Tapanuli Bahagian Selatan (Tabagsel). Kita optimis mampu swasembada,” ujarnya.

Kota Padangsidimpuan, kata walikota, patut berbangga hati. Mengingat, masyarakat tani yang tadinya bercocok tanam holtikultura jenis lain, kini mulai melirik bawang merah. Keberhasilan saat panen, kini telah menginspirasi petani lainnya untuk menekuni tanam bawang merah.

“Kita sangat bersyukur atas pencapaian itu. Walau belum sepenuhnya maksimal, tetapi kita akan terus mendorong pengembangan tanaman bawang merah di daerah kita. Dan memang fokus kita ke arah sana,” tegas walikota.

Ia lantas mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, melalui dinas terkait yang telah memberikan bantuan stimulus ketahanan pangan. Total hingga Desember 2020 ini, Kota Padangsidimpuan telah menerima program bantuan sebanyak 25 hektare.

“Bantuan stimulus tersebut meliputi bibit bawang merah, termasuk pupuk maupun obat-obatan untuk digunakan oleh kelompok tani yang ada di Kota Padangsidimpuan, di atas lahan pertanian seluas 25 haktare,” jelas Irsan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara diwakili Kasi Sayuran dan Tanaman Obat Adri Airil Nasution mengatakan, Kota Padangsidimpuan sendiri menerima alokasi bantuan lebih dari daerah lain. Dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Utara. (*/Andy Hsb)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 231 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah