Berita Daerah

Maknai Historis Perjuangan di Milad – 90, Pengurus Al Washliyah Madina Gelar Ziarah Akbar

Madinapos.com – Panyabungan.

Pengurus Al Washliyah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menziarahi beberapa makam  yang ada di seputaran Kecamatan Panyabungan Sabtu (28/11) diantaranya makam Almarhum Buya KH.Adnani Lc yang merupakan Ketua Al Jam’iyatul Washliyah Madina periode ke – 2.

Drs.H.Amir Hasibuan, Ketua Al Jam’iyatul Washliyah Madina yang dijumpai di kompleks Perguruan Adnani Panyabungan mengatakan kedatangan mereka untuk melaksanakan ziarah kemakam Almarhum Buya KH.Adnani Lc,”Ziarah Bersama ini merupakan salah satu kegiatan kita menjelang peringatan milad Al Jam’iyatul Washliyah Ke 90″, sebutnya didampingi Wakil Sekretaris M.Nazar Nasution.S.S. M.M dan Ketua Panitia Pelaksana Andi Syahputra S.PdI.

“Ziarah bersama ini selain dianjurkan oleh agama juga merupakan bentuk penghormatan terhadap semua jasa dan pengabdian para tokoh dan pendiri Washliyah di Madina”, sebutnya.

Sementara itu Moechtar Nasution, Wakil Ketua PD.Al Jam’iyatul Washliyah Madina menambahkan makam berikutnya yang diziarahi yakni makam Almarhum Al Mukarrom Syekh H.Zainuddin ZA di desa Panyabungan Jae”,walaupun makamnya jauh dari pemukiman, melintasi persawahan dan menyeberangi sungai  namun tidak menyurutkan semangat dan langkah kaki para pengurus Washliyah Madina untuk berziarah”, katanya.

Moehtar Nasution menyebutkan bahwa Almarhum Syekh H.Zainuddin ZA adalah tokoh yg paling berjasa meletakkan dasar bagi pembentukan Washliyah di Madina,”saat itu, Madina masih bergabung dengan Kabupaten Tapsel, namun embrio pendirian sudah muncul di Panyabungan yang kelak menjadi Ibukota Madina setelah mekar”, katanya.

“Harapan supaya ziarah bersama ini  menjadi penambah semangat untuk menunjukkan dedikasi, loyalitas dan pengabdian dalam pelaksanaan program kerja kedepan, kita ingin mereka mewarisi semangat dan pengorbanan para tokoh dan pendiri yang tidak kenal lelah berjuang dan berusaha untuk mengenalkan, mendirikan dan membesarkan Washliyah saat itu”, tutupny didampingi Ketua Badan Penanggulangan Bencana Al Washliyah Madina Abdi Paruntungan, S.P.

Seperti yang diketahui Al Jam’iyatul Washliyah merupakan salah satu Ormas Keagamaan Islam terbesar setelah Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah yang didirikan di Medan, Provinsi Sumatera Utara oleh Almarhum Syekh H.M.Thalib Lubis dan beberapa ulama lainnya.Tepat pada tanggal 30 November nanti organisasi ini akan memperingati hari lahirnya yang ke 90. (Ridwan)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts