Peristiwa

Sungai Parlampungan Meluap, Wilayah Sulang Aling Banjir Mencapai Ketinggian 2 Meter

Madinapos.com – MBG.

Tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini, membuat Sungai Parlampungan yang berada di wilayah Sulang Aling meluap dan membanjiri keempat desa yang ada di wilayah tersebut hingga mencapai 2 meter dibeberapa titik. Sulang Aling merupakan wilayah Kecamatan  Muara Batang Gadis yang terdiri dari Desa Hutaimbaru, Desa Lubuk Kapundung, Desa Lubuk Kapundung II dan Desa Ranto Panjang dilembah Gunung Sidoar-doar Kabupaten Mandailing Natal.

Aman Lubis, Sekdes Lubuk Kapundung II, Sabtu (10/10) malam menceritakan bahwa banjir di Sulang Aling terjadi mulai Kamis  pagi (08/10) lalu dengan ketinggian air berpariasi mulai 1 meter sampai 2 meter,” Desa Hutaimbaru ketinggian air mencapai 2 meter sedangkan di Desa Lubuk Kapundung, Desa Lubuk Kapundung II dan Desa Ranto Panjang ketinggian airnya hanya 1 meter saja”, katanya.

“Kemudian sejak Sabtu pagi (10/10) ketinggian air berangsur-angsur surut dan masyarakat mulai membersihkan rumah mereka masing-masing serta secara bergotong royong membersihkan pasilitas umun dan tempat ibadah”, lanjutnya.

Lebih lanjut, Aman menyampaikan kerugian sementara yang dialami warga Sulang Aling berupa ternak hewan kambing dan ayam, selain itu hampir 20 ton kacang tanah siap panen habis tersapu air, serta benih padi warga siap tanam diperkirakan untuk 100 hektar sawah juga ikut terseret banjir,” bahkan Bronjong penahan tebing sungai yang dibangun di Desa Lubuk Kapundung II sudah rusak sepanjang 50 meter”, paparnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Hutaimbaru, Bismil menyampaikan saat banjir masyarakat panik dan ketakutan bahkan ada warga yang sempat lari naik keatas atap rumah untuk menghindari arus banjir,” Kami berharap agar pemerintah kecamatan dapat turun ke Sulang Aling untuk melakukan upaya upaya yang sebagaimana mestinya dan kiranya Pemerintah Kabupaten Madina dapat mendengar penderitaan warga Sulang Aling ini”, sebutnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi via WhatsAp Sabtu malam, Camat Kecamatan Muara Batang Gadis, Edy Ikhsan Lubis membenarkan bahwa telah terjadi banjir di daerah Sulang Aling akibat luapan sungai Parlampungan,” untuk sementara ini berdasarkan laporan tidak ada korban jiwa dan banjirpun sudah mulai surut, direncanakan Minggu pagi tim kecamatan akan langsung turun ke lokasi”, sebutnya.(Sapril/fhoto kiriman warga)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts