Berita Daerah

Pembangunan Bandara Bukit Malintang Dimulai, Tahap Awal Kemenhub Tenderkan 20 Miliar

Madinapos.com – Panyabungan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menenderkan tahapan awal dana 20 Milyar anggaran Multi Years untuk tahapan pertama pembangunan Bandar Udara Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal Prov. Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2020. Setelah pembebasan lahan, langkah awal yang akan dilakukan adalah proses pembersihan lahan dan pematangan lahan yang diperkirakan memakan waktu 3 bulan berlanjut  tahapan pembangunan infrastruktur lainnya diperkirakan selesai ditahun 2022.

Hal tersebut terungkap saat pemaparan Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution pada acara jamuan makan malam yang digelar Kamis (26/8) malam di Pendopo Rumah Dinas Bupati yang dihadiri Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution, Direktur Bandara Kemenhub Nafhan Syaroni, Ari Winarni Kasubdit Prasarana Bandar Udara, Yoga Kumala Kepala Bandar Udara Aek Godang, Kapten Muhammad Kurniawan Kepala Bandara Pinangsori, Sigit Yudha P. Munthe Otoritas Bandara II Medan.

Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal dalam beberapa tahun belakangan ini telah berupaya keras mewujudkan pembangunan berskala nasional diantaranya Pembangunan Pelabuhan Palimbungan Batahan dan Kawasan Ekonomi Khusus sebagai kawasan pertumbuhan perekenomian dikawasan Pantai Barat, sektor pariwisata dan perkebunan holtikultura.

“Tentunya selain pembangunan Pelabuhan Laut yang diharapkan dapat menopang akses transportasi dan distribusi hasil alam, tentunya kita mengharapkan pembangunan Bandara Bukit Malintang menjadi akses utama transportasi cepat menuju Kabupaten Mandailing Natal ini”, ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan Pembangunan Bandara sebagai sarana tranportasi udara dapat mempercepat akses pertumbuhan perekonomian masyarakat, karena keberadaan bandara mempermudah kunjungan wisatawan dan pebisnis juga mempermudah akses transportasi untuk jenis barang tertentu, ” kami di Kabupaten Mandailing Natal ini sangat membutuhkan pembangunan bandara Bukit Malintang ini dan kami yakin Pemerintah Pusat telah mengetahui potensi pembangunan di kawasan ini akan semakin cepat dengan adanya Bandara”, tutupnya.

Sementara itu Kadishub Madina Hendra Saputra mengatakan proses pembangunan Bandara Bukit Malintang telah memasuki tahapan tender dan akan segera ada pemenangnya,” kita berharap ini segera dilaksanakan karena proses lelangnya telah berjalan, untuk tahap pertama adalah pembersihan dan pematangan lahan dan tahun depan dimulainya pembangunan infrastruktur karena memang multi years atau tahun jamak”, ungkapnya.

“Beliau yang hadir ini adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan yang akan menanggujawapi dan mengkawal proses pembangunan bandara ini nantinya, kita doakan semoga berjalan dengan sukses dan lancar untuk kemajuan pembangunan di Mandailing Natal ini”, tutupnya.

Menu makan malam yang disiapkan diacara jamuan makan malam ini bernuansa kedaerahan diantaranya gulai ikan mas, limbat goreng petai, daun ubi tumbuk dan gulai ayam kampung. Sementara cemilan disuguhkan lemang dan selai durian yang dinyatakan cukup enak dirasakan tamu yang berkunjung malam ini.(Alqaf)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts