Politik

Hadiri Launching Program Puskesmas Muarasoma, Bupati : Dengan Niat Yang Baik, Mari Kita Membangun Madina

Madinapos.com – Batang Natal.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam acara Launching Program Inovasi UPTD Puskesmas Muarasoma yang diikuti 31 Desa se Kecamatan Batang Natal Kamis (27/08) mengajak semua pihak dan semua komponen untuk bahu membahu membangun Kabupaten Mandailing Natal dengan niat yang baik sehingga akses pembangunan, akses kesehatan dan akses perekonomian masyarakat dapat kita wujudkan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Hati saya ada di Batang Natal, namun selaku putra daerah, saya bukan lagi hanya milik Batang Natal, tetapi telah menjadi milik Mandailing Natal maka saya harus dapat mewujudkan pemerataan pembangunan di semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini,” hal ini diungkapkan Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya dihadapan Kader Kesehatan Desa Se Kecamatan Batang Natal.

Dikatakan Dahlan, saat ini ada dua Puskesmas di Wilayah Pantai Barat mendapatkan Dana DAK untuk tahun ini dari Pemerintah Pusat, sehingga diharapkan dengan dibenahinya Puskesmas di daerah ini, semakin serius pula petugasnya bekerja melayani kesehatan masyarakat.

Kemudian terkait masalah stunting, Bupati berharap, perbaikan gizi mejadi salah satu solusi untuk menghapuskan kasus yang biasa menyerang anak-anak ini,” kita harus gaungkan kembali di Puskesmas dan Pos Yandu untuk pemberian gizi yang cukup, seluruh petugas Puskesmas harus turun kebawah dan sosialisasikan ini “, papar Dahlan.

Dijelaskan Bupati, salah satu faktor yang berperan menyebabkan perawakan pendek pada anak antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam porsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi diawal kehidupan seorang anak. Selain faktor lingkungam, kata Bupati, juga dapat disebabkan faktor genetik dan hormonal, akan tetapi sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh mulnutrisi.

“Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang pada anak”, tambahnya.

Ditambahkan dalam sambutannya, untuk mencegah stunting, konsumsi protein sangat mempengaruhi pertambaham tinggi dan berat badan anak diatas 6 bulan,” tentunya anak yang mendapat asupan protein 15 persen dari total asupan kalori yang dibutuhkan terbukti memiliki badan yang lebih tinggi dibanding dengan anak dengan asupan protein 7,5 persen dari total asupan kalori”, kata Dahlan menutup sambutannya.

Selain pelaksanaan gunting pita, di acara itu panitia juga membuat demo masak khususnya pembuatan selai durian bagi ibu ibu perwakilan dari 31 Desa, hal itu dikarenakan kawasan Batang Natal terkenal memiliki banyak pohon dan buah durian jika saat musimnya.(Alqaf-Tim)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts