Berita Daerah

Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution Hadiri Launching Program Inovasi UPTD Puskesmas Muarasoma

Madinapos.com – Batang Natal.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution menghadiri kegiatan Launching Program UPTD Puskesmas Muarasoma yang dilaksanakan Kamis (27/8) di Lapangan Bola Volly Muarasoma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal Prov Sumatera Utara. Kegiatan tersebut dihadiri Kader Kesehatan Desa 31 Desa se Kecamatan Batang Natal dibawah binaan Bidan Desa.

Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution mengatakan bahwa telah memperjuangkan anggaran untuk pembangunan beberapa Puskesmas Muarasoma dari Pemerintah Pusat,” saya tidak ingin membedakan akses kesehatan di kecamatan manapun di Kabupaten Mandailing Natal ini, untuk itu kami terus memperjuangkan anggaran pembangunan terutama utuk peningkatan akses kesehatan masyarakat termasuk untuk pembangunan UPTD Muarasoma ini”, ungkapnya.

” Saya tentunya bangga dengan UPTD Puskesmas Muarasoma melalui program inovasinya, namun misalnya dalam kasus stunting kami juga menghimbau kepada orang tua kita agar mengurangi pernikahan dini, serta tanggungjawab memberikan gizi yang cukup agar kasus stunting ini bisa kita hindari bersama”, ungkap Bupati.

Bupati juga meminta kepada para Kader Kesehatan Desa untuk memantau kelahiran bayi terutama menyangkut gizi,” saya berkeyakinan bahwa gizi yang baik yang diberikan sejak dini akan mempengaruhi perkembangan pertumbuhan anak dan juga kecerdasannya, dan anak adalah masa depan kita maka harus kita awasi perkembangannya sejak dini”, tambahnya.

Adapun program inovasi UPTD Puskesmas Muarasoma diantaranya Program TB – Paru (Kupas TB) Kunjungan Rumah Terhadap Pasien TB, Inovasi Program Gizi (Masrama Renting) Puskesmas Muarasoma Penanganan Stunting, Inovasi Program (Go – Jas) Gerakan Optimalisasi Jajanan Anak Sekolah, Inovasi Farmasi (Gebu Cermat) Gerakan Ibu Cerdas Makan Obat (Apoteker Cilik), Inovasi Program KIA ( Opelin) Ojek Persalinan dll.

Acara Louncing Program UPTD Muarasoma ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan salah seorang tokoh agama setempat didampingi Bupati Madina, Kadis Kesehatan dan Muspika Kecamatan Batang Natal. Selanjutnya Bupati Madina juga menyumbangkan lagu bersama dengan Trio Bupati.

Selain Bupati Madina dan Kader Kesehatan Desa, kegiatan ini juga dihadiri Kadis Kesehatan Madina, OPD Pemkab Madina, Camat Batang Natal, Kapolsek, Koramil, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Batang Natal.(Alqaf-Tim)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts