Berita Daerah

Id 1441 H, Masjid Jami Al Hidayah Desa Ujung Batu IV Sembelih 14 Lembu dan 7 Ekor Kambing

Madinapos.com – Palas.

Idul adha (Id 10 julhijjah  1441) 31 Juli 2020, Panitia Qurban Masjid Jami Al Hidayah Desa Ujung Batu IV Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas menerima 14 ekor lembu dan 7 ekor kambing untuk disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat. Ustatz MasaluddinLlubis di dampingi Sekretaris Ridwan dan Bendahara Margianto mengatakan untuk tahun ini masyarakat yang berqurban bertambah banyak dari sebelumnya.

Lebih lanjut Ustad mengatakan Qurban mulai di laksanakan seusai sholat Idul adha sampai selesaii. Qurban di laksanakan sesuai dengan hitungan tanggal hijriah yaitu pada 10, 11, 12, 13 Zulhijjah setiap tahunnya yang di sebut dengan istilah hari tasriq , artinya hari dimana di haramkan untuk melakukan amalan puasa bagi orang islam di seluruh dunia.

Ini di lakukan untuk mengenang kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan ke ikhlaskan Nabi Ismail AS dalam menerima wahyu dari Allah SWT. Kisah ini untuk di jadikan cantoh bagi manusia dimana tunduk kepada perintah sang pencipta, kapan dan dimanapun berada serta keikhlasan dalam berkorban menjalan perintah Allah SWT.

“Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintahnya yang merupakan ujian yang sangat berat dengan pengorbanan Nabi Ismail AS yang akhirnya digantikan dengan seekor kibas”, tutup Ustad.

Pelaksanaan Qurban juga di hadiri Kepala Desa Ujung Batu IV  Idham Holik Simanjuntak, disampaikannya hendaknya peringatan hari raya Qurban ini bisa menjadi acuan bagi kita untuk berbagi kepada saudara kita melalui kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismai AS sebagai mana yang diriwayatkan.

Pelaksanaan Qurban tahun ini dilaksanakan panitia dengan di bantu para Kaur Desa, Badan Perwakilan Desa (BPD), pengurus Hari Besar Islam (PHBI) dan keluarga peserta Qurban, kita juga pantas bersukur walaupun saat ini masih di rundung wabah covid 19,” namun masarakat kita masih dapat membantu saudara melalui pelaksanaan amalan sunat ini dan kami sebaga pemerintah desa tidak menduga peserta Qurban tahun ini bertambah”, kata Kades.

“Ini benar benar kesadaran masyarakat untuk beramal untuk sebagaimana kisah nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS dan juga perintah Allah dan nabi Muhammad SAW, dan semoga saja saudara kita yang kehidupannya kurang beruntung hari ini maka dengan adanya pelaksanaan Qurban hari ini akan merasa setara sehingga kebersamaan dan kerukunan akan tetap terjaga”, ujarnya Kades.

Menurut pantauan kami media hari ini , pelaksanaan Qurban di Mesjid Jami Al Hidayah berjalan dengan lancar dan antusias masyarakat yang hadir menyaksikan pelaksanaan sangatlah ramai dan gembira untuk menyaksikan penyembelihan hewan yang di laksanakan penitia Qurban. (A.Salam Siregar)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts