Berita Daerah

Pergunakan Traktor Bantuan Kementan, Poktan Tunas Harapan Jaya Panen Jagung 4 Hektar

Madinapos.com – MBG.

Kelompok Tani (Poktan) Tunas Harapan Jaya panen jagung di areal kebun seluas 4 Hektar dengan mempergunakan alat panen mekanis Traktor Corn Combine Harvester bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) RI di lokasi Daerah Tanggul Desa Singkuang Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal Prov. Sumatera Utara.

Acara Panen Jagung ini turut dihadiri Camat Muara Batang Gadis, Kapolsek yang diwakili Kanit Sabara Aiptu Indra Ali Akbar, serta Koramil 17 Natal yang dihadiri Serda Afrizal dan Kopda Darmin, selain Muspika terlihat juga hadir UPT Mandailing Pesisir beserta pegawai dilingkungan BPP Muara Batang Gadis dan BPP Natal pada Rabu (15/7).

Dalam keterangannya, Basirun Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan Jaya menyampaikan bahwa masa panen jagung ini cukup efisien karena memakai alat panen Traktor Corn Combine Harvester bantuan dari Kementan RI sehingga cost panen bisa ditekan lebih rendah dan pekerjaan lebih cepat selesai.

“Dengan traktor ini dapat memanen Jagung 1 sampai 2 Ha perhari dengan demikian direncakan dalam dua hari kedepan panen ini bisa kita selesaikan  untuk lahan seluas 4 Hektar”, katanya.

Sementara itu Irmawat, SP Kepala UPT BP3 Mandailing Pesisir menjelaskan bahwa alat panen mekanis traktor ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian dan kiranya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani disini dan dengan adanya alat panen ini penghasilan para petani diharapkan akan semakin meningkat karena biaya  panennya bisa lebih murah.

“Kegiatan Panen bersama ini juga merupakan momentum untuk menjalin kebersamaan dengan Muspika Kecamatan Muara Batang Gadis, semoga hubungan baik ini tetap terjalin untuk meningkatkan sinergitas sehingga memberika hasil terbaik untuk petani kita”, ungkapnya saat memberi kata sambutan.

Camat Kecamatan Muara Batang Gadis, Edy Ikhsan Lubis, SH sangat mengapresiasi upaya upaya BPP untuk membina Kelompok Tani yang ada di Muara Batang Gadis ini,” kegiatan kegiatan semacam ini terus diupayakan sehingga kelompok tani yang ada di desa desa lain bisa dilakukan seperti ini juga”, sebut Edy diakhir pembicaraanya.(Sapril)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts