Berita Daerah

Warga Lumban Dolok Sampaikan Sikap, Tolak Izin Tambang Timah Diterbitkan Pemerintah

Madinapos.com – Siabu.

Usai melaksanakan Sholat Jumat (26/6), seribuan warga Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal Prov Sumatera Utara melakukan aksi demonstrasi di depan Masjid desa tersebut. Adapun aspirasi yang disampaikan warga intinya meminta kepada pemerintah menolak izin Pertambangan Timah untuk diterbitkan.

Aksi tersebut langsung dipimpin tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh agama, pemuda dan naposo bulung yang secara bergantian menyampaikan aspirasi. Juga dihadiri Camat Siabu sebagai Pihak Pemerintah Daerah dalam penyerapan aspirasi warga.

Bahri Efendi Hasibuan Tokoh Masyarakat dan Anggota DPRD Madina dalam orasinya meminta kepada pemerintah agar menghentikan seluruh proses penerbitan izin tambang timah karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan dan bahkan masyarakat merasa tidak pernah ada pemberitahuan sama sekali akan ada pertamangan timah diwilayah mereka.

“Kami meminta kepada pemerintah untuk memberhentikan seluruh proses perizinan yang akan diterbitkan kepada perusahaan karena penambangan dikhawatirkan akan menghancurkan sistim pengairan dan pertanian diwilayah mereka”, ungkapnya yang disambut teriakan tutup tambang oleh warga pendemo.

Sementara Camat Siabu Ali Himsar kepada pengunjuk rasa mengatakan akan menyampaikan aspirasi ini dan berharap pada situasi ini masyarakat tidak terpancing dengan beragam isu yang bertujuan memecah belah dan selanjutnya disampaikan masyarakat dapat bersabar.(Anan)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts