Berita Daerah

Ketua TP. PKK Tapsel Di Nobatkan Sebagai Gender Champion Tapanuli Selatan

Madinapos.com – Tapsel.

Penilaian yang dilakukan Dinas PP dan PA Tapsel, memutuskan Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu dinobatkan sebagai Gender Champion Tapsel. Penilaian di lihat dari peran serta dalam meningkatkan pembangunan pada bidang PKK di Kecamatan yang sudah banyak mendapat juara di tingkat provinsi sehingga menjadi motivasi bagi semua perempuan yang ada di Tapsel.

Penilaian tersebut diberikan pada saat memperingati Hari Ibu Ke-91 tahun 2019 di aula Sarasi II, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Selasa (17/12/2019).

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh perempuan hebat yang ada di Tapsel, kita semua adalah gender champion di keluarga masing – masing. Dan terima kasih untuk seluruh dukungan dari semua pihak sehingga PKK terus ikut serta dalam membangun Tapsel yang lebih baik lagi,” kata Ketua TP. PKK Tapsel

Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, hari ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali dengan kongres perempuan pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Tema sentral pembahasan kongres perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan anak, pologami dan pendidikan perempuan,” katanya.

Dalam sambutan tersebut menjelaskan bahwa peringatan hari ibu satiap tahun untuk mengingatkan masyarakat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerakan perjuangan kaum perempuan.

“Perempuan Indonesia masa kini ialah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki – laki, contohnya akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan yang lainnya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, pengasuhan anak tidak hanya tanggung jawab orang tua tapi perlu di dukung semua pihak,” jelasnya.

Dalam sambutan tersebut memberikan keyakinan yang besar kepada perempuan yang akan mampu meningkatkan kualitas hidunya serta mengembangkan segala potensi serta kemamupuan motor penggerak juga sekaligus agen perubahan.

“Sesuai dengan tema PHI yang ke 91 ini ialah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Dilihat dari kondisi Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dengan demikian perlu berbagai strategi pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder, termasuk peran laki – laki dalam mengkampayekan yang mendukung pencegahan kekarasan sehingga tercapainya kesetaraan gender,” ungkapnya.

Diakhir sambutan Bupati juga menyampaikan hasil dari Musrenbang baru-baru ini yang di gelar di Jakarta, memiliki beberapa poin penting. Seperti suasana perekonomian tidak lebih baik dari masa lalu, konsentrasi pembangunan lima tahun kedepan yang di awali tanggal 1 Januari 2020 di bidang insfrastuktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang di mulai dari usia dini. Serta peningkatan sumber daya manusia yang paling di utamakan dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

“Yang juga di utamakan pengurangan stunting, stunting jangan hanya dianggap sebagai pertumbuhan yang kecil / pendek tetapi bisa dari pola cara fikir. Dengan demikian perlu perhatian khusus untuk tumbuh kembang anak. Perlu kita tahu pendapatan negara dari pajak atau PNBP belum mencapai 81% atau 82%, tentu kita tidak boleh lega dengan keadaan tersebut. Dengan demikian kepada seluruh pimpinan OPD harus lebih baik lagi agar tidak terjadi depisit. Pemimpin sejati tidak boleh mewarisi depisit kepada penerusnya, supaya tidak membebani dimasa – masa mendatang,” pungkasnya.

Bupati juga menegaskan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan serta menumbuhkan ekonomi. “Karena dalam bonus geografi tahun 2035 – 2045 sudah hampir 70 % memasuki usia produktif dengan demikian apabila manusia tidak produktif maka pertumbuhan tidak akan produktif pula,” jelasnya.

Turut Hadir Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, pimpinan Bank Sumut Cabang Sipirok, Kepala BNN, Anggota DPRD Sumut Samsul Qamar, Camat se-Kabupaten Tapsel, Ketua MUI, Ketua TP. PKK Tapsel, Wakil Ketua TP. PKK, PKK Kecamatan dan para undangan lainnya. (Humas dan Protokol Tapsel/Sayuti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts