Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kesenian Sinduang Turut Meriahkan HUTRI Ke – 74 di Kecamatan Natal, Penonton Sangat Terhibur


					Kesenian Sinduang Turut Meriahkan HUTRI Ke – 74 di Kecamatan Natal, Penonton Sangat Terhibur Perbesar

Madinapos.com – Natal

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke – 74, group kesenian budaya Sinduang dari Desa Setia Karya Kecamatan Natal turut berpartisipasi memberikan hiburan bagi masyarakat yang berkumpul dipinggir jalan saat karnaval hingga melaksanakan hiburan rakyat di Lapangan Merdeka Natal,  Mandailing Natal Sumatera Utara Jumat – Sabtu (16-17/08) lalu.

Sinduang sendiri adalah kesenian masyarakat Natal berupa satu bentuk beruang-beruangan yang terbuat dari ijuk dan menari-nari bersama dengan beberapa dayang-dayang dan noni-noni sehingga menimbulkan karakter lucu yang mengundang gelak tawa penonton. Selain itu,  sekelompok kesenian Sinduang itu sendiri dimainkan oleh laki-laki dengan berbagai ragam busana. Biasanya,  setiap group Sinduang mendekat maka penonton yang merasa terhibur akan memberikan saweran.

Camat Natal Riplan S.Sos yang juga tertawa melihat tingkah lucu Siduang dan pendampingnya turut juga memberikan saweran,  dikatakannya bahwa Panitia HUT RI 74 Kecamatan Natal memang kali ini mencoba menggali kembali berbagai kesenian khas daerah untuk ditampilkan di HUT Kemerdekaan RI ke 74 ini, ” kita berharap di moment seperti ini kita bersama masyarakat dapat menyaksikan kembali beragam kesenian dari daerah kita khususnya seperti Sinduang yang memang sangat jarang ditampilkan”, ungkapnya.

“Kedepan sangat kita harapkan agar Pemerintahan Desa ataupun Kelurahan dapat menyediakan anggaran bagi pelestarian kesenian daerah masing-masing sehingga kesenian tradisional inibterus bertahan dan mendapat tempat dihati masyarakat”, sebutnya.

Salah seorang penonton,  Maya yang menyaksikan hiburan rakyat di Lapangan Merdeka Natal ini mengatakan sangat terhibur, ” seluruh rangkaian kesenian rakyat yang ditampilkan membuat kita sangat terhibur dan bahkan enggan pulang hingga seluruh proses kesenian selesai semuanya”, sebutnya. (R. 040)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah