Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

H. Maslin Batubara : Marsada Hata, Mora Kahanggi Anak Boru Simbol Kekuatan Dalihan Natolu


					H. Maslin Batubara : Marsada Hata, Mora Kahanggi Anak Boru Simbol Kekuatan Dalihan Natolu Perbesar

Madinapos. com – Panyabungan.

Haji Maslin Batubara, tokoh masyarakat dan pengusaha dari Mandailing Natal pulang kampung dan sekaligus menggelar acara silaturahmi dengan raja-raja Mandailing di Sopo Godang Huta Siantar Minggu (17/2). Kita warga Mandailing tidak terlepas dari suatu ikatan kelompok yang hidup saling berdampingan yaitu mora kahanggi anak boru sebagai simbol kekuatan yang tidak terpisahkan dari dalihan natolu.

Hal tersebut disampaikannya dihadapan raja Panusunan, Turunan ni anak raja raja Mandailing Godang, Mandailing julu, raja raja Torbing Balok tanah ulu dan pesisir dohot anak boruna,  yang juga turut dihadiri Bupati Mandailing Natal Drs.  Dahlan Hasan Nasution dan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution beserta Wakil Walikota Arwin Siregar.

Acara silaturahmi Raja Mandailing tersebut dirangkai dengan musyawarah adat Mandailing dan dialog dengan tokoh masyarakat untuk membahas agenda kemasyarakatan. dari pantauan Jurnalis MP terlihat para tokoh adat,  tokoh masyarakat saling berdiskusi dan melemparkan pendapat silih berganti,  namun tetap dalam jalinan kekerabatan yang digambarkan saat Manortor bersama.

Haji Maslin Batubara kembali mengatakan sangat mendukung langkah yang dilakukan Bobby Nasution untuk Moranya (Mertuanya) karena adat mengajarkan kita untuk menghormati Mora. ” yaitu tadi,  mora kahanggi dan anak boru dalam dalihan natolu adalah hubungan yang sangat erat tidak terpisahkan dan menjadi kekuatan kekerabatan dalam masyarakat Mandailing”, sebutnya.

Sementara itu Hasanul Arifin Nasution Gelar Patuan Mandailing menambahkan dalam acara ini kita hanya menunjukkan rasa bangga terhadap Bobby Nasution, ” karena kita satu marga dengan dia, karenanya sebangai wujud rasa satu marga dengan bobby kita harus mendukung penuh langkah-langkah bobby untuk (moranya) mertuanya, karena adat memang mengajarkan kita hormat terhadap mora”, tuturnya.(Syahren)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 416 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Hadiri Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Ke – 76 Provinsi Sumut

19 April 2024 - 09:09

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Lakukan Kunjungan Ke Beberapa OPD

19 April 2024 - 08:37

Atika Azmi Wakili Indonesia di Forum Internasional Economic Development and The Environment For ASEAN Municipal Leaders

18 April 2024 - 22:08

Jalin Silaturahim Pasca Lebaran, Pemerintah Kecamatan Bukit Malintang Gelar Halal Bi Halal

18 April 2024 - 18:56

Camat Siabu Hadiri Penyerahan BLT – DD T.A 2024 Kepada 46 KPM di Desa Lumban Pinasa

18 April 2024 - 17:56

Usai Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan

18 April 2024 - 10:08

Trending di Berita Daerah