Menu

Mode Gelap

Desa Kita

TPID Panyabungan Selatan Melirik Potensi Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat


					TPID Panyabungan Selatan Melirik Potensi Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Perbesar

Madinapos. com – Panyabungan Selatan.

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Panyabungan Selatan melirik berbagai inovasi desa se Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal.  Tim menemukan berbagai kegiatan inovatif warga desa,  namun melirik peluang menjadikan Desa Wisata berbasiskan keindahan pemandian air panas dan air terjun yang masih alami dikelilingi perkebunan dan persawahan desa dipadukan partisipatif masyarakat dinilai mampu memberi ruang peningkatan perekonomian masyarakat.

Ketua TPID Panyabungan Selatan Ali Nafiah mengatakan bahwa berdasarkan verifikasi tim nya pada 15 November lalu yang beranggotakan Umar Abdul Gofur, Abdul Riadi,  Hasan Al Rizki, Muslim,  Wildasari dan Ammar Ma’ruf menan berbagai potensi inovasi desa di Kecamatan Panyabugan Selatan.

“Desa Aek Ngali, berternak lembu, Desa Lamban Dolok Peningkatan Usaha Bumdes, Roburan Lombang ada Lumbung Padi, Roburan Dolok pengembangan tanaman pekarangan, Hutaimbaru pengembangan Bumdes,  Huta Julu Gedung PAUD, dan Desa Kayu Laut memiliki Inovasi pengolahan sampah menjadi pupuk organik”, ungkap Ali pada media ini Kamis (27/12).

Namun selain itu,  ada beberapa desa yang memiliki inovasi berbasiskan pengelolaan keindahan alam yang dapat dikategorikan Desa Wisata,”  seperti Desa Pagaran Gala-Gala dapat lebih mengembangkan wisata air terjun yang cukup Indah dan Desa Huta Raja yang memiliki wisata Aek Milas atau pemandian alam air panas dan tentunya sangat menarik jika dipadukan dengan kehadiran Desa Hayu Raja yang memiliki pengembangan kuliner khususnya kuliner daerah,  saya yakin wisatawan akan datang”, lanjut Ali.

Ali sebagai Ketua TPID Panyabungan Selatan berharap dukungan dari pemerintahan desa dalam pengembangan inovasi warga disetiap desa, ” saya yakin dengan sedikit dukungan sarana dan prasarana yang memadai maka potensi desa wisata berbasiskan partisipasi masyarakat dapat mendongkrak tingkat perekonomian warga”, pungkasnya. (Anwar Nasution)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 145 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Meriahkan Bulan Suci Ramadhan, Pemdes Malintang Jae Gelar Lomba Anak Sholeh

18 Maret 2024 - 04:03

Desa Lubuk Kancah dan Gonting Kerjasama Perbaiki dan Pengerasan Jalan Penghubung

16 Maret 2024 - 20:25

Kades Banjar Aur Utara Tepis Isu Ijasah Palsu Saat Daftar Pilkades 2023

15 Maret 2024 - 13:03

Mediasi Konflik Desa Sopobatu, Camat Panyabungan Minta Kades Dan Perangkat Berdomisili di Desa

11 Maret 2024 - 14:06

Sambut Ramadhan 1445 H, NNB Tangga Bosi 3 Bersih – Bersih Mesjid

10 Maret 2024 - 21:22

Selain Adukan BPD, Warga Juga Keluhkan Kades dan Perangkat Desa Tidak Berdomisili di Sopobatu

9 Maret 2024 - 16:10

Trending di Desa Kita