Menu

Mode Gelap

Sumatera Utara

TP-PKK Provsu : Pemerintahan Desa dan Kelurahan Harus Tanggap Terhadap Aspirasi Masyarakat


					TP-PKK Provsu : Pemerintahan Desa dan Kelurahan Harus Tanggap Terhadap Aspirasi Masyarakat Perbesar

Madinapos.com – Deli Serdang.

Kegiatan perlombaan desa dan kelurahan diharapkan dapat mendorong penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, agar senantiasa tanggap terhadap setiap aspirasi masyarakat, dan setiap kebijakan yang dihasilkan dapat benar-benar dilandasi demokrasi dan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Pembangunan desa dan kelurahan harus terus disemangati agar mencapai perkembangan yang semakin baik dari waktu ke waktu,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ny Iit Kartika Eko Subowo dalam kegiatan “Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018 “ di Kantor Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (11/7).

Iit Kartika mengatakan, penilaian lomba desa dan kelurahan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 81 tahun 2015 lebih menekankan kemajuan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Penyelenggaraan pemerintahan dijadikan prioritas dikarenakan terkait dengan komitmen pemerintah dalam upaya menghadirkan negara di tengah masyarakat, sebagaimana tertuang dalam Nawacita.

“Bahwa agenda pertama Nawacita adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara,” katanya.

Disampaikan juga, penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan akan kuat dan efektif apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat, serta didukung oleh mitra kerja pemerintah, baik swasta, dunia usaha dan lembaga kemasyarakatan. “Salah satu lembaga kemasyarakatan yang telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah gerakan PKK,” ujarnya.

Karena itu, gerakan PKK, kata Iit Kartika, mempunyai tugas membantu pemerintah desa/kelurahan dan sangat strategis untuk mensukseskan pembangunan di wilayahnya masing-masing.Terutama melalui 10 program pokok PKK yang wajib dilaksanakan.

Selain itu, kesejahteraan keluarga merupakan tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pemerintah dan pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan dan kedamaian.

“Semoga melalui rangkaian pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan ini mendorong semangat kompetisi antar desa ataupun kelurahan, sehingga tanpa disadari desa dan kelurahan akan semakin maju dan mandiri,” harapnya.

Turut hadir di acara itu, Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Ny Hj Asdiana Zainuddin, Forkopimda dan OPD Deli Serdang, para camat dan kepala desa, beserta anggota PKK kecamatan/desa. **

Sumber : humas.sumutprov.go.id
Editor : alqaf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kunker Ke Sumut, Pj. Gubernur Hassanuddin Sambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo

14 Maret 2024 - 11:30

Pj. Gubsu Beri Penghargaan Daerah Dengan Pembangunan Terbaik di Sumut

8 Maret 2024 - 15:50

Media Berduka, PU Harian SIB Tutup Usia

3 Februari 2024 - 01:09

Sukseskan Pemilu 2024, Pj Gubernur Sumut Titip Pesan Penting Ini Pada Media dan Influencer

26 Januari 2024 - 19:59

Pemprov Sumut Kembali Raih Predikat Zona Hijau Dari Ombudsman RI

23 Januari 2024 - 19:38

Pj. Gubsu Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru 2023

22 Desember 2023 - 12:34

Trending di Berita Daerah