Pendidikan

Memperingati Hardiknas, Pemimpin Upacara Kenakan Pakaian Adat Daerah Natal

Madinapos.com – Natal

Pemerintahan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Rabu (2/5/ 2018) di Lapangan Merdeka Natal, Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara. Upacara bendera tersebut dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, selaku Pimpinan Upacara Camat Kecamatan Natal Yuri Andri dan Selaku Komandan Upacara Alexander Siswa MAN Natal.

Acara Hardiknas ini hadiri oleh seluruh Unsur Muspika Kecamatan Natal, Guru dan unsur pendidikam serta siswa siswi sekolah se Kecamatan Natal berserta undangan.

Kata Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Rabu (2/5/2018) yang dibacakan oleh Pimpinan Upacara menyampaikan antara lain, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan mengambil Tema ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan’ sesuai dengan tema tersebut marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran pemikiran dan praktek pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara, demikian kutipan pidato Menteri Pendidikan.

Pidato menteri pendidikan tersebut diakhiri dengan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat, demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang disampaikan oleh Pemipin Upacara Yuliandre selaku Camat Natal.

Setelah upacara berlangsung sukses dan dibubarkan dilanjutkan dengan pawai mengelilingi kota Natal dengan diiringi Grup Marching Band MAN Natal serta Grup Drumband sekolah yang ada di Kecamatan Natal serta diiringi dengan murid-murid sekolah yang menggunakan pakaian adat.

Camat Natal, kepada media seusai Upacara menyampaikan bahwa terkait penampilannya dalam memimpin upacara hari ini adalah sejalan dengan thema HARDIKNAS tahun ini tentang Pendidikan dan Budaya,” tidak akan sukses suatu pendidikan tanpa mengikutsertakan kebudayaan, untuk itu pendidikan harus sejalan dengan Kebudayaan kita yang ada, terlebih dijaman sekarang ini yang serba digital”, ungkap Yuri.

Masyarakat yang turut juga menyaksikan upacara bendera ini menyampaikan rasa salut dan kagum kepada Camat Natal selaku Pimpinan upacara yang menggunakan pakaian tradisional khas Natal,” kita warga Natal merasa senang karena Camat Natal yang memang asli putra Natal menggunakan pakaian khas Natal untuk menjadi pemimpin upacara pada Hari Pendidikan Nasional kali ini” ungkap warga. (adnan)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts