Berita Daerah

Puskesmas Sihepeng Gelar Acara Donor Darah

Madinapos.com – Sihepeng

Puskesmas Sihepeng melaksanakan kegiatan donor darah, perlu informasi yang baik kepada masyarakat tentang banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dengan donor darah selain bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dr. Abidah Ismail Lubis menjelaskan dengan donor darah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang mendonor, hal ini langsung di alami seorang pendonor rutin selama tiga kali, “pertama kali donor mempunyai kadar asam urat di angka 9, setelah rutin  3 bulan kadar asam urat menjadi normal di angka 5, tanpa mengkonsumsi obat apapun'” ungkapnya di Puskesmas Sihepeng, Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, Sumut. Jum’at (27/4) pagi.

“Jadi tugas kita bersama untuk membagi pengalaman dan informasi tentang manfaat donor darah kepada masyarakat yang masih kurang faham atau masih takut akan donor darah” tambahnya.

Kepala Puskesmas Sihepeng Akbar Komaini menyampaikan bahwa minat masyarakat untuk menjadi seorang pendonor itu sangatlah minim hal itu dikarenakan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat sebagai pendonor bagi kesehatan,” akibat kurangnya pemahaman manfaat donor darah, kesadaran dan ke ragu-raguan masyarakat jadi dasar minimnya peserta donor seperti yang terlihat hari ini” diakuinya.

Bahkan ada persepsi di masyarakat bahwa seseorang yang kesehariannya sebagai pekerja berat tidak baik sebagai pendonor,” wah…justru malah semakin bagus, secara spontan darah akan berganti dengan adanya regenerasi sel darah, malah keuntungan yang bisa didapat adalah awet muda” ungkapnya.

Berbagai keuntungan dari aksi donor darah diantaranya mencegah diabetes melitus, hypertensi, mencegah penyakit jantung, stroke, men cegah asam urat, kanker dan,” ada satu yang paling penting adalah bisa membantu menyelamatkan orang yang saat ini sedang sakit dan sangat membutuhkan transfusi darah”, pungkasnya.(R-13)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts