Bisnis dan Ekonomi

Lopo Mandheling coffee, Seduhan Kopi Barista Ika di Mandailing Natal

Madinapos.com – Panyabungan

Jika anda penggemar kopi dan sedang dalam perjalanan lintas sumatera jalur darat, singgahlah di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal terujung dari Provinsi Sumaera Utara. Disini ada sebuah kedai kopi yang diberinama ” Lopo Mandheling Coffee”.  Menyeruput racikan Kopi Mandailing ala Barista Ika bagai refresh kembali tenaga yang hilang dalam perjalanan dan atau jika ingin santai maka view sawah suasana pedesaan akan memanjakan mata anda.

Ika, menyampaikan bahwa kopi yang diseduh di lopo kopi mereka ini hanya specialty kopi mandailing,” kopi ini dari petani kopi desa Ulu Pungkut, Sopotinjak, Pagur, Pagar Gunung dan Simpang Banyak sebuah dataran tinggi di Mandailing Natal terkenal dengan daerah penghasilan kopi dengan kwalitas baik”, ungkapnya menjelaskan asal usul kopi.

Kedai kopi yang diberinama Lopo Mandheling Coffee ini berdiri sejak tahun 2014 didesain semi modern minimalis dengan sebuah bar tunggal ditengah bangunan sejenis ruko dengan menambah tempat duduk disamping sebuah sawah, dengan menyajikan berbagai penganan dan minuman lainnya juga, akan tetapi yang istimewa adalah seduhan hangatnya kopi mandailing terasa enak diminum tanpa gula.

Ika  menjelaskan semua proses penyajian seluk beluk kopi hingga terhidang dalam sebuah gelas dengan baik menggunakan perasaan dan ingin menyajikan yang terbaik,”maaf bang, saya belum barista seperti yang terkenal itu, saya hanya pandai menyeduh kopi dengan baik dan bercerita tentang pemilik kopi yang saya seduhkan untuk pengunjung jika mereka bertanya asal usul kopi” ungkapnya merendah.

Menurut Ika, kedai kopi miliknya bersama tiga rekan lainnya ini akan sangat ramai pengunjung dihari tertentu, semisal Saptu Malam Minggu atau sedang hari libur,” terkadang ada tamu dari Pemerintahan Kabupaten maka kita yang menyediakan atau justru dipanggil mereka untuk membantu menyajikan kopi mandailing” ungkapnya sambil menunjukkan kemasan kopi bermerk Lopo Kopi karena memang banyak yang membeli kemasan setelah meneguk kopi disini.

“Ada beberapa olahan kopi yang kami buat di Lopo Kopi ini dan itu bergantung permintaan tamu, misalnya kopi tubruk, disaring, espresso, cafelatte, cappucino, sanger kopi mandailing dan semua bergantung permintaan, sambil menyampaikan silahkan berkunjung ke Lopo Kopi, Spesialis Kopi Mandailing so ulang lupa hamu tu tano mandailing”. ungkapnya. (alqaf)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts