Pendidikan

Menteri Agama RI Resmikan STAIM Menjadi STAIN

Madinapos.com – Panyabungan 

Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin dengan penuh Hikmat dan terharu meresmikan Sekolah Tinggi Agama Islam Mandailing Natal ( STAIM ) menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Mandailing Natal di Kampus STAIM, Panyabungan Kamis (12/04).

Hadir dalam acara Penegerian STAIM menjadi STAIN Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nst, Wakil Bupati Madina H. M Ja’far Sukhairi Nst, Ketua Yayasan STAIM Komjel Pol Purn. Saud Usman Nast, SH, MH, Ketua STAIN Madina Torkis Lubis , LC Waka Polres Madina Tongku Bosar Pane, Tokoh Madina H. Khoiruddin Lubis, Aswin Parinduri, FKPD Madina, Civitas Akademika STAIM dan rombongan Kementerian Agama Perwakilan Kopertais Wilayah 1 Sumatera Utara serta ratusan pelajar Mandailing Natal.

Ketua Yayasan STAIM Komjen Pol Purn. Suad Usman. SH. MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penegerian STAIM menjadi STAIN adalah sebuah peristiwa besar setelah era Willem Iskander yang mempelopori Pendidikan di Tanah Mandailing. “ 18 Tahun kita menunggu hari besar ini, dan hari ini kita menjadi saksi dari Penegerian STAIM ini sebagai langkah awal untuk UIN. Kami sangat bangga dan sangat bersyukur bahwa Pak Menteri Agama telah hadir dan memberikan semangat dan asa baru bagi Pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal” Ujar Saud Usman.

Sementara Itu Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nst dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penegerian STAIM menjadi STAIN ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri No. 4 dan 5 Tahun 1998 tentang Penegerian STAIM Madina. Dikatakan juga bahwa proses penegerian STAIm ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh komponen dan pemangku kepentingan dalam pemajuan pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal. “ Rasa hormat saya kepada Bapak Saud Usman yang hanya beberapa bulan mengelola lembaga pendidikan ini hingga ahirnya hari ini kita sangat bersyukur bahwa apa yang menjadi cita cita kita semua telah terwujud sebagai langkah awal menuju mimpi dan harapan kita hingga akhirnya STAIN menjadi UIN” papar Dahlan.

Tentang proses selanjutnya dalam hal peningkatan Status STAIN menjadi UIN, Dahlan menegaskan bahwa dalam kapasitas sebagai pemerintah daerah segala sumbser daya, kontribusi dan apapun akan menjadi prioritas. “ Kampus 2 yang berada di Tor Siojo Kotanopan kita proyeksikan selesai dalam 6 bulan kedepan. Komitment kita adalah untuk pendidikan Madina yang mumpuni”. Tegas Bupati

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dalam sambutan dan arahannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dan seluruh masyarakat Madina atas apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pendidikan di Madina akhirnya dapat terwujud sebagai langkah progresif. “ Saya katakan bahwa Penegerian STAIM menjadi STAIN Madina ini adalah yang tercepat dalam prosesnya. Ini sangat luar biasa dan apa yang saya saksikan hari ini tentunya sesuai dengan ekspektasi saya bahwa komitment membangun pendidikan yang baik dan maju adalah prioritas di Madina ini. Saya juga yakin bahwa kedepan proses STAIN menjadi UIN Madina akan menjadi mudah mengingat begitu luar biasanya kemauan masyarakat, kontribusi tenaga dan dikiran serta materi yang begitu sangat luar biasa. Saya juga sudah sampaikan bahwa dalam prosesnya di Kementrian Agama STAIN madina harus menjadi peioritas”. Tegas Lukman.

Di akhir acara Menteri Agama di dampingi Bupati Madina dan seluruh undangan meresmikan STAIM madina menjadi STAIN yang ditandai dengan pembukaan tirai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.(Erwin)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts