Berita Daerah

Komunitas Hidroponik Madina, Manfaatkan Ruang Sempit Untuk Kebutuhan Keluarga

Madinapos.com – Madina

Hidroponik adalah budidaya menanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Namun, justru mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Ruang sempit di samping, belakang atau di depan rumah bisa kita manfaatkan untuk bertanam beragam sayuran segar dan sehat, tanpa pestisida kimia untuk memenuhi kebutuhan sehari hari keluarga kita.

Komunitas Hidroponik Madina, satu group komunitas bertani hidroponik yang digawangi Romi Hidayat dan Memet di Kelurahan Sipolu Polu Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal tengah gencar mengajak siapa saja yang mau untuk bertanam pola ini dengan memanfaatkan sedikit ruang dan waktu untuk kebutuhan sayur mayur sehat.

Romi menjelaskan bahwa ini hanya bermula dari hoby bertanam dan memanfaatkan sedikit ruang untuk berbuat bagi lingkungan sekitar dan bergunan bagi pemenuhan kebutuhan keluarga “awalnya seperti itu, ternyata banyak kawan yang tertarik yah sudah kita kembangkan sekalian” ungkapnya kepada Madina Pos di Panyabungan, Minggu (8/4).

Setiap Saptu Sore, Romi dan Memet biasa menggelar sedikit pertemuan dengan group komunitas atau bisa saja mengajak warga lainnya mengikuti pelatihan di workshop nya, “mereka justru datang bukan dari kalangan petani, pekerja kantoran yang ingin memanfaatkan sebuah peluang bisnis atau sekadar memenuhi kebutuhan keluarga” ungkap Romi.

Memet juga menjelaskan bahwa dirinya saat ini bisa memenuhi kebutuhan sayuran sehat untuk keluarga dengan memanfaatkan limbah bekas seperti pipa, botol minuman, ember atau wadah lainnya yang bisa tampung air “cukup sederhana, diruang sempit kita bisa manfaatkan limbah bekas dan waktu luang maka sayuran sehat bisa kita dapatkan” ungkap Memet.

Atau jika mau sedikit serius, bisa menggunakan Green House, berkebun secara hidroponik menjadi lebih efektip dan efesien dalam operasional sehari hari dan hasilnya bernilai komersil. Untuk alat kelengkapan hidroponik sendiri, kami akan pusatkan penyediaannya di Calista, samping Pasar Baru, Sipolu-polu dan untuk yang mau berkonsultasi, silahkan konsultasi lewat WA Romi, 081263081881. atau dengan Memet di Madina.(alqaf)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts