Wisata & Cerpen

Wisata Alam Madina : Terpesona Lautan Biru Pulau Tamang

Madinapos.com – Madina

Pulau Tamang merupakan eksotisme terpendam lautan biru nan teduh berpadu keindahan alam raya yang belum terjamah. Pulau dengan garis pantai kurang dari lima kilometer dan luas 166,6 Hektar ini terletak di penghujung pantai Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sekarang, jika posisi anda dan keluarga sudah di Kecamatan Natal, mulailah bergerak mengikuti jalan seiring garis pantai kearah Batahan. Dengan mobil kecepatan sedang tidak akan lama, tapi jangan lupa bawa ketupat nasi dari Natal untuk perbekalan di jalan.

Dari Batahan, “ada tiga alternatif menuju Pulau Tamang, bisa lewat Muara Sungai Batahan butuh tiga puluh menit sampai, lewat pelabuhan Palimbungan hanya lima menit itu setiap hari” ungkap Topen warga setempat.

Jika sudah tiba di Pulau Tamang, jejalkan kaki terlebih dahulu menuju Mercusuar dan naiklah. Keindahan lautan biru sekeliling Pulau bisa anda saksikan. Kemudian anda bisa kelilingi Pulau Tamang dengan dua cara, berjalan atau sewa perahu nelayan setempat.

Jika anda suka berpetualang, banyak view yang membuat ada segera berswafhoto bersama keluarga tapi jika ingin Daiving atau sekedar berenang silahkan saja “tapi lautnya sangat dalam, mencapai puluhan meter” ungkap Abdi salah seorang warga setempat.

Pulau yang dihuni dua ratusan kepala keluarga ini memang masih belum banyak menawarkan fasilitas penginapan, tapi ” jika membawa tenda silahkan saja, atau sampaikan saja keinginan bermalam kepada Kepala Desa, maka anda masih bisa menyewa kamar dari masyarakat dan menikmati keramahan kekeluargaan dari masyarakat kami” ungkap Abdi.

Pulau penghasil cengkeh era 70 an ini memang masih banyak menyimpan cerita yang belum dieksplor kepermukaan seperti pesona bawah lautnya, mungkin kehadiran anda yang ditunggu untuk menceritakan keindahan Lautan Biru Pulau Tamang. (*am/dok. kiriman topen dan abdi, 25/3/2018)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts