Wisata & Cerpen

Wisata Alam Puncak Sorik Marapi Mandailing Natal

Madinapos.com – Madina

Gunung Sorik Marapi atau Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Puncak yang berada pada kawasan Taman Nasional Batang Gadis ini memiliki ketinggian 2.142 m di atas permukaan laut, berada pada koordinat 00 41′ 11.72” Lintang Utara dan 99 32′ 13.09” Bujur Timur.

Dari kaki Sorik Marapi terhampar sawah dan ladang hingga keperkampungan warga dengan deretan rumah beratapkan ijuk dan udara yang sejuk. Sepanjang jalur pendakian ke puncak Sorik Marapi, kita akan disuguhi tanaman hutan tropis dengan berbagai spesies biota yang menakjubkan. Bila beruntung, sejumlah tumbuhan langka dan unik bisa dilihat, seperti bunga anggrek dan tanaman perdu lainnya.

Tiba dipuncak gunung terhampar pemandangan yang sangat eksotis, dengan sebuah danau vulkanik, dan telaga kecil di sisi lainnya. Lalu sepanjang kawasan vulganik, di atas batu bekerikil yang khas, Anda juga akan menemukan sebaran tanaman karamonting dengan spesies yang berbeda dengan Karamonting yang ditemukan di dataran rendah Sumatera lainnya, buahnya lebih kecil dan warnanya berbeda, buah ini sering dimakan anak-anak setempat dan rasanya unik dan menyegarkan. (* e/net)

 

 

loading...

Komentar Facebook

Related Posts