Menu

Mode Gelap

Sumatera Utara

Wagubsu : Aktivitas Kerambah Jaring Apung Jangan Merusak Lingkungan Danau Toba


					Wagubsu : Aktivitas Kerambah Jaring Apung Jangan Merusak Lingkungan Danau Toba Perbesar

Madinapos.com-Sumatera Utara

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Birgjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH mengimbau agar aktivitas perikananan, khususnya Keramba Jaring Apung (KJA), yang ada di perairan Danau Toba jangan sampai merusak lingkungan. Hal ini disampaikannya saat rapat bersama PT Sura Tani Pemuka di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (12/3).

Dalam rapat tersebut, Wagubsu Nurhajizah mengungkapkan kekecewaannya saat melakukan peninjauan kesiapan Danau Toba, Sabtu (10/3) lalu. Selain banyak makanan ikan (pelet) yang tidak dikonsumsi dan mencemari danau, banyak pula ikan mati yang tidak diangkat, membusuk, dan mengapung di permukaan danau. Hal tersebut mempengaruhi keindahan, kualitas, dan kemurniaan air danau.

“Dengan kondisi lingkungan Danau Toba yang tidak terawat, bagaimana nantinya kita akan menghadapi tim accesor UNESCO Global Geopark,” ujarnya.

Sebagai salah satu perusahaan perikanan yang beroperasi di wilayah Danau Toba, Wagubsu Nurhajizah berharap dan berpesan kepada PT Sura Tani agar turut terlibat dan mengedukasi masyarakat setempat dalam melakukan aktivitas KJA. “Aktivitas KJA ini bisa diintegrasikan dengan model pariwisata. Misalnya membuat rumah makan terapung, wisatawan datang dan makan sambil memberi makan ikan,” ujar Wagubsu.

Dalam kesempatan tersebut, PT Sura Tani menyampaikan dukungan terhadap usaha Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melakukan percepatan Geopark Kaldera Toba (GKT). “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan percepatan Geopark. Kami berharap bisa ikut berpartisipasi untuk membantu,” ungkap Fitri perwakilan dari PT Sura Tani.

Menurut Fitri, ada beberapa program yang direncanakan PT Sura Tani untuk mendukung percepatan GKT. Diantaranya pembuatan Gapura, pengembangan produk-produk dan olahan makanan, pelatihan kegiatan pariwisata untuk masyarakat lokal, serta pelatihan bagi pelaku-pelaku usaha atau kelompok PKK.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Hidayati dan OPD terkait lainnya.(am/sumber/humasprovsu)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kunker Ke Sumut, Pj. Gubernur Hassanuddin Sambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo

14 Maret 2024 - 11:30

Pj. Gubsu Beri Penghargaan Daerah Dengan Pembangunan Terbaik di Sumut

8 Maret 2024 - 15:50

Media Berduka, PU Harian SIB Tutup Usia

3 Februari 2024 - 01:09

Sukseskan Pemilu 2024, Pj Gubernur Sumut Titip Pesan Penting Ini Pada Media dan Influencer

26 Januari 2024 - 19:59

Pemprov Sumut Kembali Raih Predikat Zona Hijau Dari Ombudsman RI

23 Januari 2024 - 19:38

Pj. Gubsu Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru 2023

22 Desember 2023 - 12:34

Trending di Berita Daerah