Wisata & Cerpen

Wisata Alam : Air Terjun Bukit Sidoardoar Muara Batang Gadis

Madinapos.com-Madina

Air terjun Lembah Sidoardoar begitu masyarakat Desa Sale Baru Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandaling Natal, Sumatera Utara menyebutkan nama air terjun yang terletak dilembah bukit Sidordoar ini.

Air terjun yang terletak dipinggiran hutan Desa Sale Baru ini terlihat masih segar, sangat alami dan jarang dikunjungi wisatawan lokal, karena untuk menuju lokasi ini butuh perjuangan ekstra dimana jalannya masih tanah dan berbatuan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim.

Seperti yang diceritakan Rafki Hardianto dalam status fb nya yang diunggah Rabu (5/3/2018) lalu, untuk mencapai lokasi ini ada dua jalan, pertama dari Pos Polisi Desa Tabuyung Kec. Muara Batang Gadis sejauh 27 Km, Kedua dari jalan Simpang PT. RMM (jalur perkebunan) melewati Desa Sikara-kara Kecamatan Natal dengan jarak tempuh 2,5 jam dan ” disarankan menggunakan kenderaan penggerak roda empat (4wd) ungkapnya.

“Setibanya di Desa Sale Baru, masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 6 km lagi ditambah jalan kaki sekitar setengah jam” ungkap Rafki.

Setelah sampai di lokasi air terjun lembah bukit Sidoardoar kelelahan itu akan sirna seketika, kita dapat  menyaksikan keindahannya air jatuh ke bawah dengan 4 tingkatan dgn ketinggian terjunan 40 meter. Elevasi : 335 meter diatas permukaan laut, Debit air : 150 liter/detik, Daya terbangkit : 20 kW.

“Jikalau tidak ada aral melintang insha Allah Pemerintah Prov. Sumatera Utara akan membangunkan PLTMH di lokasi ini, marilah sama-sama kita doakan semoga cepat terealisasi. Amin ya Allah” umgkap Rafki.

Desa Sale Baru, Dsn Bronjong, Dsn Bulumg Gadung terdiri dari 500 kk desa ini  memang belum dialiri listrik dari PLN. Pemvropsu berniat akan menutupi kebutuhan listrik desa ini melalui pembangunan PLTMH. Diperkirakan debit air untuk memutar turbin dan mengasilkan listrik, untul menerangi Desa Induk Sale Baru yg berjumlah 167 KK dan Fasilitas umumnya dan tempat wisata ini pun akan terbuka untuk dikunjungi. (am/sumber-fb-rafki)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts